3 Alasan Timnas Brasil Dijagokan Jadi Pemenang Piala Dunia 2022 di Qatar

timnas-brasil.jpg

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tiga alasan timnas Brasil dijagokan jadi pemenang Piala Dunia 2022 di Qatar. Brasil hampir selalu dijagokan merengkuh gelar juara di turnamen besar yang mereka ikuti. Terkini, nama mereka turut masuk bursa kandidat juara Piala Dunia 2022 Qatar.

Timnas Brasil selalu dianggap sebagai calon kuat peraih gelar Piala Dunia. Selain soal sejarah, Negeri Samba juga selalu memiliki pemain-pemain hebat yang membentuk Selecao menjadi tim yang tangguh.

Tiga alasan yang membuat Timnas Brasil jadi kandidat kuat juara Piala Dunia 2022. Berikut ulasannya.

1. Impresif di Kualifikasi

 

Pada kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan (CONMEBOL), Timnas Brasil juga menunjukkan penampilan impresif. Mereka lolos sebagai tim terbaik.

Tim asuhan pelatih Tite tercatat tidak terkalahkan dalam 17 laga kualifikasi Piala Dunia 2022 yang dijalani dengan catatan 14 kemenangan dan tiga hasil imbang untuk mengoleksi 45 poin.

Tak hanya mampu terhindar dari kekalahan, Timnas Brasil juga begitu mengerikan dalam aspek menyerang maupun bertahan.

Neymar dan kolega tercatat memasukan 40 gol dalam 17 laga dan cuma kebobolan lima kali. Itu menjadi catatan terbaik diantara seluruh tim di fase kualifikasi.


2. Didukung Sejarah

Seperti yang disebutkan di atas, Timnas Brasil memiliki sejarah panjang di Piala Dunia. Mereka tercatat sudah meraih lima gelar juara sejak ajang ini bergulir pada 1930.

Timnas Brasil pertama kali merengkuh trofi Jules Rimet --nama trofi Piala Dunia-- adalah pada 1958. Saat itu, mereka mengalahkan Swedia 5-2 di babak final.

Empat tahun berselang, Timnas Brasil sukses mempertahankan gelar. Di babak final Piala Dunia 1962, Selecao menghajar Cekoslovakia dengan skor 3-1.

Brasil kemudian meraih gelar ketiganya pada Piala Dunia 1970. Tim Samba jadi kampiun setelah menang 4-1 atas Italia.

Mereka kemudian absen merengkuh gelar dalam lima edisi berikutnya sebelum kembali jadi yang terbaik di Piala Dunia 1994 setelah menang adu penalti atas Italia di babak puncak.

Brasil kemudian cuma jadi runner-up di Piala Dunia 1998 setelah kalah 0-3 dari Prancis sebelum kembali jadi kampiun di Piala Dunia 2022 usai mempermalukan Jerman 2-0 di final.

Sejauh ini cuma Jerman dan Italia yang paling mendekati Brasil dengan masing-masing telah mengoleksi empat gelar juara.

3. Dianugrahi Talenta Berbakat

Timnas Brasil yang kini sudah puasa gelar juara dalam empat edisi Piala Dunia mulai menelurkan kembali talenta-talenta berbakat. Mereka kini dianugrahi para penyerang yang tengah naik daun baik di Eropa maupun liga domestik.

Saking melimpahnya stok lini depan, penyerang Liverpool Roberto Firmino yang punya statistik mumpuni bahkan harus tersingkir dan tak dibawa ke Piala Dunia 2022.

Brasil tercatat memiliki penyerang-penyerang hebat dalam diri Vinicius Junior, Rodrygo, Pedro, Antony, Gabriel Jesus, Gabriel Martinelli, Raphinha, Pedro Guilherme, Richarlison dan Neymar

Selain itu, lini belakang dan tengah Brasil juga diisi para pemain yang berkiprah di Eropa khususnya tim-tim besar dikutip dari suara.com

Ada Lucas Paqueta (West Ham), Fred dan Casemiro di Manchester United, Fabinho (Liverpool) dan Bruno Guimaraes (Newcastle United) di lini tengah.

Sementara di lini belakang, Brasil memiliki nama-nama tenar seperti Thiago Silva (Chelsea), Marquinhos (PSG), Eder Militao (Real Madrid), Alex Telles (Sevilla), Alex Sandro (Juventus) hingga Danilo (Juventus).

Di posisi kiper, Brasil juga dianugrahi penjaga gawang top yang bahkan dua diantaranya bermain untuk tim langganan juara Liga Inggris yakni Alisson Becker (Liverpool) dan Ederson Moraes (Manchester City).