Menang Adu Penalti Australia Lolos ke Piala Dunia, Kiper Pengganti Jadi Pahlawan

Timnas-Australia3.jpg
(VIA SUARA.COM/KARIM JAAFAR / AFP.)

RIAU ONLINE, QATAR-Australia lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar lewat aksi kiper pengganti Andrew Redmayne yang sukses  melakukan penyelamatan di babak adu penalti kontra Peru dalam playoff inter-konfederasi, Selasa (14/6/2022) dini hari WIB.

Duel Australia vs Peru di Al Rayyan Stadium, Qatar harus berlanjut ke babak penalti setelah kedua tim bermain imbang tanpa gol selama 120 menit.

Pemain berusia 33 tahun yang menjalani uji cobanya di Arsenal saat remaja, dimasukkan untuk menjalani pertandingan ketiganya ketika laga tersisa tiga menit.

Namun, secara mengejutkan dialah yang menjadi pahlawan Australia setelah menghentikan tendangan terakhir dalam adu penalti untuk membawa Socceroos menang 5-4.

“Dia penyelamat penalti yang sangat bagus dan saya melakukan sesuatu yang bisa mempengaruhi mereka secara mental,” kata pelatih Graham Arnold yang suaranya serak pada konferensi pers pasca pertandingan.


“Mereka (Peru) mungkin bertanya-tanya pada diri sendiri, 'Mengapa orang ini dimasukkan, pasti dia bagus'", sambung dia seperti dikutip Reuters.

“Mungkin itu alasan mereka membentur tiang. Sungguh upaya 1 persen mental dalam mengganggu pengambil penalti Peru itu. Sungguh berisiko tetapi berhasil."

close

Kejenakaan Redmayne tentu saja mengalihkan perhatian lawan. Dia menari di sepanjang garis gawang sambil merentangkan kedua tangannya, menggoyangkan pinggulnya dan bergerak dari tepi ke tepi gawang dalam adu penalti di Stadion Ahmad bin Ali itu.

"Saya agak kehilangan kata-kata. Ini permainan tim, ini upaya tim, jadi saya tidak bisa mendapatkan pujian lebih dari 27 (pemain) lain yang ada di sini," kata Redmayne.

“Ide ini muncul saat pra-seleksi bahwa ini mungkin saja terjadi dalam keadaan seperti ini dan selama dua atau tiga pekan kami berada di sini (di Qatar), hal ini sudah dalam pikiran saya."

"Saya mengerjakan sejumlah hal selama latihan tetapi pada akhirnya ini tebak-tebakan, entah kanan atau kiri dikutip dari suara.com

“Saya bukan pahlawan, saya hanya memainkan peran saya seperti yang dilakukan semua orang malam ini,” tambah Redmayne,