Striker Timnas Indonesia Loyo, Hilgers dan Oratmangoen Siap Dinaturalisasi

Mees-Hilgers-dan-Ragnar-Oratmangoen.jpg
(kolase)

RIAUONLINE, PEKANBARU-PSSI gencar melakukan naturalisasi terhadap sejumlah pemain keturunan Indonesia terus menunjukkan perkembangan.

Terkini Shin Tae-yong dikabarkan sudah mengontak langsung bintang Eredivisie Belanda Mees Hilgers, hingga Ragnar Oratmangoen yang dikabarkan berminat bermain untuk Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tengah membidik sejumlah pemain keturunan untuk memperkuat skuat Garuda. Terhitung ada empat pemain yang kini masuk radarnya, beberapa di antaranya yakni jangkar dari FC Twente Mees Hilgers serta gelandang klub Belanda lainnya Go Ahead Eagles Ragnar Oratmangoen.

Pemain muda andalan lini belakang FC Twente, Mees Hilgers (instagram/meeshilgerss)

Pemain muda andalan lini belakang FC Twente, Mees Hilgers (instagram/meeshilgerss)

Terkini, baik Mees maupun Ragnar sudah memberikan sinyal positif untuk membela Timnas Indonesia. Hal itu seperti terungkap lewat unggahan Instagram Anggota Komite Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani.

Ia mengabarkan bahwa Shin Tae-yong sudah berbicara langsung dengan Mess Hilgers. Sementara itu Ragnar Oratmangoen mengaku siap membela Timnas Indonesia dikutip dari suara.com

"Breaking news (pemain keturunan) Coach Shin Tae-yong sudah telponan sama Mees Hilgers. Ragnar Oratmangoen melalui agennya mengatakan berminat bermain untuk timnas. Semoga ASAP dokumen kedua pemain tersebut segera dicollect," tulisnya.


Lebih lanjut ia menambahkan bahwa progres naturalisasi dua pemain lainnya yakni Sandy Walsh serta Jordi Amat juga terus berjalan.

"Dua pemain lainnya Sandy Walsh dan Jordi Amat segera diproses. Garuda di Dadaku. Believe!" tambahnya.

Ragnar Oratmangoen, penyerang klub Eredivisie Belanda, Go Ahead Eagles. [Instagram/@0ratmangoen]

Ragnar Oratmangoen, penyerang klub Eredivisie Belanda, Go Ahead Eagles. [Instagram/@0ratmangoen]

Sebelumnya, Shin Tae-yong sempat membidik nama Kevin Diks. Namun belakangan upaya untuk menaturalisasinya batal dilakukan.

Pelatih asal Korea Selatan itu memilih Ragnar Oratmangoen sebagai gantinya.

Aalasan perubahan yang diajukan eks pelatih Timnas Korea Selatan tersebut lantaran posisi Kevin Diks sama dengan Sandy Walsh.

Upaya naturalisasi pemain keturunan Indonesia diketahui telah mencuat sejak Oktober lalu. Ada sebanyak empat pemain yang dibidik berdasarkan pilihan Shin Tae-yong, mereka yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, Ragnar Oratmangoen serta Mees Hilgers.

Sebelumnya Shin Tae-yong mengatakan bahwa salah satu masalah timnas Indonesia di Piala AFF 2020 ialah tidak memiliki striker haus gol.

Empat striker yang diangkut Shin Tae-yong ke Singapura, Ezra Walian, Dedik Setiawan, Kushedya Hari Yudo, dan Hanis Saghara bisa dibilang tidak menunjukkan perfomance gemilang.

Hanya Ezra yang tercatat memiliki torehan gol lebih banyak dibanding tiga striker lain. Striker PSM itu mencetak 2 gol di Piala AFF 2020.

"Di tim kami memang posisi yang paling lemah adalah striker," kata Shin Tae-yong, "Di Liga Indonesia, striker juga lebih banyak memakai pemain asing. Jadi, pemain Indonesia di posisi striker sulit sekali untuk berkembang."