Wasit yang Semprot Shin Tae-yong Dibebastugaskan dari Piala AFF 2020

Saoud-Ali-H-J-Al-Adba2.jpg
(tangkapan layar video)

RIAUONLINE, JAKARTA-Wasit Al Adba Saoud Ali dibebastugaskan dari Piala AFF 2020. Itu terjadi setelah dirinya membuat keputusan kontroversial dalam laga Vietnam melawan Thailand di semifinal serta sempat cekcok dengan Shin Tae-yong.

Al Adba Saoud Ali merupakan wasit pemimpin pertandingan di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 antara Vietnam melawan Thailand. Sejumlah keputusan kontroversinya kemudian menjadi sorotan.

Beberapa insiden di laga Vietnam melawan Thailand yang menjadi kontroversi, yakni ketika Theerathon Bunmathan menyikut Nguyen Quang Hai.

Meski melakukan pelanggaran keras, wasit tidak menghentikan pertandingan dan menganggap pemai Gajah Perah tersebut tidak pelanggaran.

Selanjutnya ada kiper Thailand Chatchai Budprom yang hanya mendapatkan kartu kuning meski dengan sengaja memegang bola di luar kotak penalti.

Fans Vietnam Ngamuk! Serang Habis-habisan Media Sosial Wasit Ali Al-Adba


Wasit Piala AFF 2020, Al Adba Saoud Ali 

Bahkan, Al Adba Saoud Ali tidak menunjuk titik putih setelah pemain Thailand Weerathep Pomphan kedapatan handball di kotak penalti.

Dinukil dari laporan media Vietnam, Dantri pada Selasa (28/12/2021), kabar terbaru mengungkapkan bahwa Al Adba Saoud sudah berhenti dari tugasnya.

"Tuan Al Adba Saoud baru saja mengumumkan dia telah meninggalkan Singapura, mengakiri tugasnya di Piala AFF 2020," tulis laporan tersebut.

Kendati begitu, tidak dijelaskan secara rinci mengapa ia mengakhiri pekerjaannya di Piala AFF 2020. Kabar yang beredar menyebut ia telah dibebastugaskan karena mendapatkan tekanan dan kritik dari publik dikutip dari suara.com

Sebelumnya pihak Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) memang sudah mengusulkan kepada AFF untuk memperbaiki kualitas pengadil di lapangan.

Sementara itu, Al Adba Saoud juga sempat menjadi sorotan ketika menjadi asisten wasit di laga antara timnas Indonesia melawan Malaysia.

Sebab sosoknya sempat cekcok dengan pelatih Shin Tae-yong yang memprotes keputusan wasit setelah dua pemain timnas Indonesia dilanggar lawan, tapi tak berujung pelanggaran.