9 Negara Ini Tersingkir dari Piala Dunia 2018

iran-gugur-di-piala-dunia.jpg
(AFP)

RIAUONLINE - Sebanyak sembilan negara peserta Piala Dunia 2018 di Rusia dipastikan tersingkir dari ajang perhelatan akbar sepak bola 4 tahunan itu. Hasil imbang yang diperoleh Timnas Iran melawan Portugal malam tadi memupus asa lolos 16 besar. Dengan hasil seri itu, Iran menambah daftar panjang peserta Piala Dunia 2018 yang harus angkat koper lebih awal dari Rusia.

Berikut daftarnya sembilan peserta yang tersingir dari Piala Dunia 2018:

1. Mesir
Kekalahan Mesir dari Arab Saudi 1-2 pada laga pamungkas Grup A, di Volgograd Arena, Senin (25/6), melengkapi penderitaan The Pharaoh. Sebelumnya, mereka takluk dari Uruguay 0-1 dan kalah 1-3 dari tuan rumah Rusia. Alhasil, Mohamed Salah dan kawan-kawan menelan kekalahan di tiga laga dan tersingkir dari Piala Dunia.


2.Arab Saudi
Kemenangan atas Mesir tak mampu menolong tim berjuluk Al Sogour Al Akhdar untuk lolos dari fase grup. Arab Saudi kalah jumlah poin dari Uruguay dan tuan rumah Rusia.

3.Maroko
Hasil imbang melawan juara dunia 2010 Spanyol tak bisa membantu mereka lolos ke fase gugur. Dua kali kekalahan melawan Iran dan Portugal sudah lebih dulu memastikannya sebagai tim pertama grup B yang tersingkir.


4.Iran
Hasil imbang melawan Portugal, yang diwarnai sejumlah kontroversi, memastikan gugurnya tim asuhan Carlos Queiroz dari Piala Dunia 2018. Team Melli hanya berjarak satu poin dari Portugal dan Spanyol berkat satu kemenangan atas Maroko dan imbang dengan Portugal.

5.Peru
Senasib dengan Maroko, tim asuhan Ricardo Gareca menjadi salah satu tim yang paling dulu angkat koper dari Piala Dunia akibat dua kekalahan di dua laga awal, yakni dari Prancis dan Denmark.

6.Kosta Rika
Sempat memberikan perlawanan sengit terhadap Brasil hingga menit akhir, perempat finalis Piala Dunia 2014 dipastikan tersingkir dari Piala Dunia usai dibobol dua kali di masa injury time babak ke-2 oleh Philippe Coutinho dan Neymar. Sebelumnya, Kosta Rika kalah 0-1 dari Serbia.

7. Tunisia
Tim asuhan Nabil Maaloul ini harus angkat kaki dari persaingan Grup G Piala Dunia 2018 usai takluk dua kali dari dua raksasa Eropa pada dua pertandingan awal. Yakni, takluk 1-2 dari Inggris dan tumbang 2-5 dari Belgia.

8. Panama
Tim berjuluk Marea Roja itu senasib dengan Tunisia yang takluk dari Belgia dan Inggris. Hanya saja, jumlah gol yang disarangkan dua lawannya itu lebih besar dari yang didapat Tunisia, yakni 9 gol berbanding 1 gol memasukkan. Kini, Panama dan Tunisia hanya akan menjalani laga formalitas di pertandingan terakhir Grup G.

9.Polandia
Status sebagai tim unggulan di Grup H tak mampu menolong Robert Lewandowski dan kawan-kawan lolos dari fase grup. Penampilan buruk tim putih-merah ini kalah berturut-turut dari Senegal 1-2 dan Kolombia 0-3.

Sembilan negara yang tersisih dari Piala Dunia 2018 berasal dari zona Afrika (tiga), zona Amerika Tengah, Utara dan Karibia (dua), serta zona Asia (dua), Eropa (satu), dan Amerika Selatan (satu).

Artikel ini lebih dulu tayang di CNN Indoensia dengan judul: 9 Negara Tersingkir dari Piala Dunia 2018