Kalahkan Liverpool 3-1 di Final, Real Madrid Juara Champions

el-real.jpg

RIAUONLINE - Klub Raksasa Spanyol Real Madrid sukses mencapai targetnya tiga kali beruntun meraih Liga Champions Eropa. Pada laga final melawan Liverpool di Stadion NSK Olimpiyskiy, Kiev, Senin (27/5/2018) dini hari WIB, El real berhasil mengalahkan Mohamed Salah dkk dengan skor 3-1.

Gareth Bale menjadi bintang kemenangan Madrid setelah mencetak dua gol di final. Kedua tim sempat imbang tanpa gol di babak pertama. Madrid akhirnya memimpin lebih dulu lewat gol Karin Benzema di babak kedua.

Liverpool sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Sadio Mane. Namun Madrid akhirnya memastikan kemenangan lewat dua gol yang dicetak oleh pemain pengganti Gareth Bale.

Meski demikian, kekalahan Liverpool di final ini juga dikarenakan blunder yang dilakukan oleh kiper Loris Karius setelah dua kali melakukan kesalahan di babak kedua.

Kemenangan 3-1 tersebut memastikan Madrid menjadi juara Liga Champions musim 2017/2018 ini. Ini juga membuat Madrid memastikan menjuarai Liga Champions untuk tiga musim berturut-turut.

Berikut jalannya Pertandingan sebagaimana dilansir dari Suara.com:

Liverpool lebih dulu menekan setelah Mohamed Salah mencoba memberikan bola ke depan gawang namun masih dapat dipotong pemain lawan. Madrid mencoba mengancam namun Isco lebih dulu dinyatakan offside di menit ke-2.

The Reds kembali menekan lewat sepakan Georginio Wijnaldum dari luar kotak penalti tapi dapat diblok. Lagi ancaman berbahaya dilakukan Liverpool lewat Trent Alexander-Arnold namun kiper Keylor Navas lebih dulu dapat mengamankannya.

Liverpool kembali menekan lewat sundulan Roberto Firmino menyambut crossing Andrew Robertson namun masih terlalu tinggi dan melebar dari gawang Madrid di menit ke-8.

Madrid mencoba mengancam lewat tendangan Marcelo dari luar kotak penalti di menit ke-11 tapi bola masih melenceng di sisi kanan gawang Liverpool.

Pada menit ke-12, serangan bertubi-tubi dilakukan oleh pemain Liverpool di daerah pertahanan Madrid. Namun usaha Milner dan Salah masih dapat diblok oleh para pemain Madrid

Pada menit ke-14, Madrid melakukan serangan balik yang cepat namun Ronaldo gagal menyelesaikannya setelah tendangan kaki kanannya masih berada tipis di atas gawang Liverpool.


Empat menit kemudian, usaha Virgil van Dijk lewat sundulannya masih melambung di atas gawang Madrid. Menit ke-22, serangan berbahaya Liverpool lewat Firmino masih dapat diblok, sedangan sepakan Alexander-Arnold dapat diamankan Navas.

Tiga menit kemudian, pertandingan sempat terhenti setelah Salah mendapatkan perawatan karena cedera pada bahunya setelah terjatuh dengan Sergio Ramos. Salah masih dapat melanjutkan kembali pertandingan.

Namun pada menit ke-30, Salah akhirnya digantikan oleh Adam Lallana karena cederanya. Pemain internasional Mesir ini meninggalkan lapangan dengan berlinang airmata karena tidak dapat melanjutkan pertandingan.

Madrid pun mulai menekan lewat Luka Modric namun tendangannya masih dapat diblok. Begitu juga usaha Karim Benzema lewat tendangannya juga masih dapat diblok oleh pemain Liverpool di menit ke-31

Pada menit ke-35, giliran bek Madrid Dani Carvajal yang harus meninggalkan lapangan karena cedera. Pelatih Zinedine Zidane pun menggantikan Carvajal dengan Nacho Fernandez.

Real Madrid masih melanjutkan tekanannya. Pada menit ke-42, sundulan Ronaldo masih dapat diblok Karius dan Benzema menyambut bola pantul tersebut ke dalam gawang. Namun wasit menganulir gol itu karena Ronaldo lebih dulu offside.

Tendangan Nacho di menit ke-44 juga masih berada tipis di samping gawang Liverpool. Tendangan kaki kanan Benzema juga masih melenceng di samping gawang. Tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim hingga turun minum.

Di babak kedua, Madrid sudah memiliki peluang berbahaya lewat Isco namun tendangannya masih membentur mistar gawang Liverpool di menit ke-47. Namun empat menit kemudian Madrid benar-benar unggul lebih dulu.

Gol tersebut disebabkan kesalahan kiper Loris Karius yang mencoba melempar bola ke pemain Liverpool lainnya namun dapat diblok oleh Benzema dan bola masuk ke dalam gawang. Madrid pun memimpin 1-0.

Tertinggal 0-1, Liverpool mencoba membalas namun usaha Firmino mencoba menyambut crossing gagal terjangkau. Namun Sadio Mane akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit ke-55.

Berawal dari sepak pojok, Dejan Lovren berhasil menyundul bola ke depan gawang dan disambut oleh Mane dengan sepakan kaki kanannya ke dalam gawang Madrid guna menyamakan kedudukan.

Menit ke-60, ancaman Madrid datang dari tendangan Isco namun Karius berhasil menggagalkannya. Setelah itu, Isco ditarik keluar oleh Zidane dan digantikan oleh Gareth Bale di menit ke-61.

Tidak butuh waktu yang lama buat Bale untuk membayar kepercayaan Zidane. Winger asal Wales ini berhasil menjebol gawang Liverpool lewat tendangan cantiknya dengan salto setelah menyambut crossing Marcelo di menit ke-64.

Madrid pun memimpin 2-1. Sementara Liverpool mencoba kembali mengejar ketertinggalannya Trent Alexander-Arnold mencoba memberikan umpan terobosan namun Lallana lebih dulu dinyatakan offside di menit ke-68.

Ronaldo memiliki peluang di menit ke-73 setelah berada di depan gawang namun Andrew Robertson berhasil membloknya sehingga bola melenceng dari target.

Menit ke-83, Bale mencetak gol keduanya guna membuat Madrid unggul 3-1. Gol tersebut dicetak oleh Bale lewat tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti yang gagal ditangkap sempurna oleh Karius sehingga bola masuk ke dalam gawangnya.

Liverpool masih mencoba mengejar ketertinggalannya namun usaha Lallana masih dapat diblok. Hingga wasit meniupkan peluit panjang skor tetap 3-1 bagi kemenangan Madrid.

Susunan Pemain :

Real Madrid: Keylor Navas, Sergio Ramos, Raphaël Varane, Marcelo, Dani Carvajal (Nacho 37') , Cristiano Ronaldo, Casemiro, Isco (Gareth Bale 61), Toni Kroos, Luka Modric, Karim Benzema (Marco Asensio 89)

Liverpool : Loris Karius, Virgil van Dijk, Dejan Lovren, Andrew Robertson, Trent Alexander-Arnold, Jordan Henderson, James Milner (Emre Can 83), Georginio Wijnaldum, Roberto Firmino, Sadio Mané, Mohamed Salah (Adam Lallana 30)