Masalah Regulasi, Gusnedi Adang Tak Dampingi PSPS Hadapi Persita

PSPS-Riau-latihan2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: Azhar Saputra

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kegelisan dari pecinta klub sepakbola, PSPS Riau yang sudah mengetahui bahwa klub pujaan hatinya kini sudah memiliki asisten pelatih, Gusnedi Adang rupanya tidak berjalan dengan baik.

Juru bicara dan sekaligus media officer dari PSPS Riau, Muhammad Teza Taufik mengatakan bahwa menurut regulasi yang dikeluarkan oleh promotor Liga 2, untuk mendampingi, seorang pengganti harus  terdaftar tiga hari sebelum laga bergulir.

"Yang jelas sesuai regulasi, tiga hari sebelum pertandingan sudah didaftarkan," katanya melalui sambungan telepon, Senin, 7 Mei 2018. Padahal PSPS saat ini harus menjalani laganya menghadapi Persita Tanggerang pada pukul 15.30 WIB sore nanti dalam lanjutan Liga 2.

Selain itu, sang pelatih kepala, Hendri Susilo sang untuk beberapa saat tidak akan mendampingi tim dalam mengarungi kasta Liga 2 sampai tanggal 14 Mei 2018 karena akan menjalani kursus kepelatihan lisensi A AFC di Jawa Barat.

Skuad PSPS Riau untuk sementara diasuh oleh Pelatih penjaga gawang, Lufti Yasin setelah Sipendri secara resmi sudah tidak lagi membela Asykar Bertuah setelah 4 tahun mendampingi pelatih kepala.

Sipendri mengikuti jejak-jekak pelatih anyar PSPS RIAU sebelumnya seperti Philep Hansan Maramis, Marwal Iskandar, Jafri Sastra sampai Ansyari Lubis yang terlebih dahulu angkat kaki dari tim.

Gusnedi Adang yang kini pengganti Sipendri saat ini merupakan pelatih berlisensi C AFC menyatakan siap bergabung setelah manajer PSPS Riau, Ari Nugroho membeberkan kabar baik ini.

Selain berlisensi C AFC, kiprah Gusnedi di kancah sepakbola tanah air sudah tidak perlu diragukan lagi. Yang paling menonjol ialah dirinya pernah berguru di negera berjulukan spageti, Italia bekas jebolan tim PSSI Primavera di era tahun 90an yang kini telah bubar.

Sebelumnya, Juru bicara dan sekaligus media officer dari PSPS Riau, Muhammad Teza Taufik mengatakan sampai hari ini pelatih kepala PSPS Riau, Hendri Susilo belum memberikan nama untuk menggantikan kiprah asisten pelatihnya yang sudah mengundurkan diri.

Padahal Hendri untuk beberapa saat tidak akan mendampingi tim dalam mengarungi kasta Liga 2 sampai tanggal 14 Mei 2018 karena akan menjalani kursus kepelatihan lisensi A AFC di Jawa Barat. Skuad PSPS Riau untuk sementara diasuh oleh Pelatih penjaga gawang, Lufti Yasin.

"Sampai hari ini belum ada nama asisten pelatih yang diajukannya. Pokoknya kita serahkan semuanya sama pelatih kepala karena itu bukan ranah kita," katanya melalui sambungan telepon, Senin, 7 Mei 2018.

Tambahnya, menurut regulasi yang telah ditetapkan oleh promotor Liga 2 untuk sekelas asisten pelatih, Hendri harus mengajukan satu nama minimal berlisensi C AFC.

"Kalau untuk nama-nama yang berlisensi C AFC tentu sudah banyak di Indonesia ini. Saat ini menurutnya sedang dicari dan sedang di nego untuk sampai ke sini (PSPS Riau)," imbuhnya.

Tambahnya, regulasi juga mengatakan bahwa satu nama tersebut harus sudah terdaftar 3 hari menjelang pertandingan Liga 2 mendatang bergulir.