Bongkar Pasang Juru Taktik PSPS Riau di Tengah Ketatnya Liga 2

Skuad-PSPS-Riau-Vs-Cilegon-United.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

Laporan: AZHAR SAPUTRA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ambisi PSPS Riau setelah gagal, kemudian kembali mencoba peruntungan di Liga 2 musim 2018 mulai menggema.

Mimpi itu berawal dari kandasnya upaya mereka demi menuju Liga 1 akibat ditahan imbang PSIS Semarang dalam klasemen akhir Grup Y Babak 8 Besar Liga 2 musim 2017 silam.

Kala itu tim diisi beberapa pemain yang cukup memukau di lapangan hijau, termasuk salah satunya legenda sepakbola tanah air, Herman Dzumafo Epandi yang saat ini lebih memilih Bhayangkara FC.

Usai tersingkir, skuad kemudian merombak seluruh isi dapur. Mulai dari ahli ramu strategi lapangan, para pemain sampai manajemen yang bekerja di atas kertas. Pelatih kepala yang bersama PSPS Riau dari tahun 2014, Philep Hansen Maramis pelan-pelan hengkang dari kursi kepelatihan.

Termasuk kiprah dari Marwal Iskandar yang tak mampu bertahan lama setelah dirinya diangkat menjadi pelatih kepala menggantikan Philep untuk mengikuti kursus kepelatihan lisensi A AFC di Jakarta.

Setelah Marwal, kemudian muncul nama pelatih tenar seperti Jafri Sastra sampai Ansyari Lubis. Jafri yang baru saja dikontrak pada 3 Januari untuk musim 2018, memilih untuk hengkang di tanggal 4 februari 2018.

Sementara itu, mantan gelandang timnas Indonesia yang pernah berjaya di era 1990-an, Ansyari Lubis lebih memilih untuk tidak berlama-lama di PSPS Riau karena tak bisa meninggalkan status ASN nya di Pemkab Deli Serdang.

Skuad yang masih memiliki pelatih lapis ke-dua, Sipendri yang kerap menggantikan pelatih kepala kala absen menukangi PSPS Riau tak mau berlama-lama kehilangan momen terburuk seperti ini.

Penggantinya ialah Hendri Susilo yang juga pernah mencicipi beberapa tim elit di era tahun 1980 an. Selama berada dalam asuhannya, PSPS Riau yang berada di Liga 2 wilayah Barat musim 2018 telah mengantongi satu kali kemenangan di kandang dan satu kali menelan pil pahit saat mencoba kebolehan tuan rumah, Persis Solo.

Sedangkan Laga ke-tiganya, PSPS Riau akan menghadapi Persika Karawang di stadion Kaharuddin Nasution, Sabtu, 5 Mei 2018 yang beberapa saat lagi sudah dapat dinikmati.

Pelatih kepala Persika Kerawang, Ricky Nelson mengatakan bahwa anak asuhnya akan mampu meraih kemenangan penuh di kandang PSPS Riau pada laga yang berlangsung sore hari itu.

"Kami datang dari Karawang bukan untuk mengalah. Kita akan fight dengan mencari tiga poin menggunakan cara yang tentunya baik," katanya di Pekanbaru, Jumat, 4 Mei 2018.

Setelah berganti-ganti manajemen, pemain sampai pelatih. Akankah PSPS Riau mampu membuktikan kemampuannya untuk merumput bersama klub-klub papan atas yang bertarung di Liga 1?.