Aktual, Independen dan Terpercaya


7 Fakta Kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Riau

Jokowi-Pakai-Jaket-ASEAN-Games.jpg
(Azhar)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Presiden RI Joko Widodo tiba di Pekanbaru Selasa sore, 5 Mei 2018. Jokowi diagendakan bakal menggelar tiga kegiatan selama di Riau yakni menghadiri Rapat Kerja Nasional Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), berkunjung ke Rokan Hilir dalam rangka menjalankan program peremajaan kelapa sawit dan menghadiri perhelatan akbar PBNU Riau di Mesjid Agung An-Nur. Berikut fakta yang berhasil direkam Riauonline.co.id terkait kunjungan Presiden Jokowi ke Pekanbaru, Riau: 

Batal Hadir Pada Rakernas Hanura

Presiden RI Joko Widodo batal mengjadiri rapat kerja nasional (Rakernas) Partai Hanura, di gedung olahraga gelanggang remaja, Pekanbaru. Rombongan presiden mendarat di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, sekira pukul 18.05. Setibanya di Pekanbaru pukul 18.05, rombongan presiden justru langsung menuju Novotel tempatnya menginap.

Kader Hanura Menunggu Kedatangan Jokowi

Kader Partai Hanura bersama ribuan massa pendukung menunggu kehadiran Presiden RI Joko Widodo untuk membuka acara Rakernas di Gelanggang Remaja, Pekanbaru. Namun hingga pukul 17.50, rombongan presiden tak kunjung Tiba. Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Oesman Sapta Odang alias Oso langsung membuka Rakernas tanpa kehadiran Jokowi. "Pak Jokowi belum bisa hadir bersama kita, beliau mungkin ada urusan negera yang lain. Tapi kita tetap konsisten untuk memilih Jokowi," ujar Oso dalam pidatonya.


Meski Tidak Hadir Rakernas, Hanura Tetap Dukung Jokowi 2019

Dalam Rakernas Partai Hanura di Gelanggang Remaja Pekanbaru, Ketua DPP Hanura Oesman Sapta Odang menyampaikan dukungannya kepada Presiden RI Joko Widodo pada Pilpres 209 di hadapan ribuan kadernya.

Oesman Sapta berpendapat, selama dipimpin Jokowi, Bangsa Indonesia telah mengalami kemajuan di berbagai bidang, baik ekonomi, sosial, politik dan budaya. Jokowi dinilai konsisten atas penyelesaian persoalan bangsa selama 3,5 tahun memimpin Indonesia seperti infrastruktur, pengendalian ekonomi dan pariwisata.

"Itu terjadi karena konsisten dan kerja keras Presiden kita Joko Widodo," ujarnya.


Jokowi Minta Bertemu 10 Pengurus Hanura di Novotel

Presiden RI Joko Widodo mendarat di Pangakalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru sekira pukul 18.05. Jokowi batal menghadiri Rakernas Partai Hanura dan memilih langsung menuju penginapannya di Novotel, Jalan Riau, Pekanbaru. Batal hadir di acara Hanura, Jokowi meminta sepuluh pengurus partai tersebut untuk bertemu di hotel.

Ketua DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang mengatakan akan berbicara dengan Presiden Jokowi terkait rencana partainya untuk memulai pembangunan dari daerah. "Kita sangat berpihak pada daerah, karena kita ingin membangun dari pinggir ke kota. Jadi tidak salah slogan pembangunan infrastruktur daerah yang digagas presiden Jokowi, beliau baru datang, kita nanti bertemu di hotel,"ujarnya.

Jalan jalan ke Mal Ciputra

Batal menghadiri Rakernas Hanura di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Presiden RI Joko Widodo memilih menyapa warga Pekanbaru di Mal Ciputra Seraya, Jalan Riau. Masyarakat Pekanbaru yang sudah mengetahui kehadiran Presiden RI, Joko Widodo di Mal Ciputra Seraya Pekanbaru tak menyia-nyiakan kesempatan untuk bertemu langsung dengan orang nomor satu di Indonesia Itu.

 

Mereka rela berdesak-desakan membentuk dua barisan di dalam pintu utama Mall hingga menutup gerai cemilan J.Co serta toko busana, Contempo. "Saya ke sini cuma jalan-jalan. Pas pulang ternyata sudah ramai di depan. Katanya ada Pak Jokowi. Saya kaget gitu," kata seorang pengunjung di Mal Ciputra, Selasa, 8 Mei 2018.

Kunjungi Toko Pakaian

Sudah puas memenuhi keinginan pengunjung Mal Ciputra Seraya untuk berswafoto, Joko Widodo tampak melanjutkan beberapa gerai. Toko pertama yang beruntung dimasuki oleh orang nomor satu di Indonesia itu ialah gerai busana, 3 second.

Salah satu penjaga toko 3 Second, Sherly menuturkan selama berada didalam kedainya, Jokowi menyempatkan diri bertanya dari mana asal usul baju yang diperdagangkannya itu. "Pak Jokowi tadi tanya baju kami dari mana. Saya jawab, Bandung. Karena memang ini semua dari Bandung," katanya dengan wajah berbinar-binar, Selasa, 8 Mei 2018.

Selain bertanya, Jokowi juga menyempatkan diri memegang-mengang salah satu baju kemeja yang terpajang hingga berlalu melanjutkan perjalanannya.

Kenakakan Jaket Asian Games

Mengenakan jaket bercorak dan bertuliskan Asian Games di punggung belakangnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyapa pengunjung Mal Ciputra Seraya, Pekanbaru. Jokowi tampak hangat menyapa seluruh masyarakat dengan senyum khas dan salam hangatnya. Sementara pengunjung Mal, beberapa kali tampak menyempatkan diri berswafoto (Selfie) bersama dengannya.

Dibantu ajudannya, Jokowi menuruti hampir seluruh permintaan dari pengunjung ingin mengabadikan momen berharga. Sudah puas bersalaman, ia melanjutkan perjalanannya hingga menaiki anak tangga pertama di mall ini.