Bilbao Singkirkan Barca Raih Piala Super Spanyol

Messi-Cetak-Gol.jpg
(Reuters / Gustau Nacarino)

RIAU ONLINE, BARCELONA - Kedigdayaan Barcelona di tahun ini harus berakhir di kaki para pemain Athletic Bilbao pada laga Final Piala Super Spanyol 2015. Pada leg kedua,Selasa (18/8/2015) dini hari, Barca hanya mampu bermain seri dengan tim taimu, 1-1. 

 

Dengan hasil pada laga yang digelar di Stadion Camp Nou itu, maka Barca kalah agregat selisih gol 1-5 atas Bilbao. maka Los Leones memastikan diri menjadi raja Spanyol setelah menang.

 

Pertandingan leg kedua tersebut langsung berjalan dengan tempo cepat. Barcelona sukses mengumpulkan possesion ball sebanyak 77 persen  di pertandingan kali ini.

 

(Baca Juga: Evan Dimas Hanya Tampil 22 Menit

 

Klub Catalan langsung menggebrak di awal-awal laga. Hal tersebut bisa dimaklumi karena mereka sedang tertinggal empat gol dari Bilbao. Luis Enrique sendiri menginstruksikan para pemainnya untuk memainkan possesion ball.

 

Peluang emas langsung hadir di menit ke-6. Sepakan Pedro hanya menerpa mistar gawang dan menghasilkan tendangan bebas. Bilbao sendiri menepati janji mereka untuk tak bermain bertahan.

 

Itu terbukti setelah skuad asuhan Ernesto Valverde tersebut memperoleh peluang di menit ke-8 melalui kaki Beñat Etxebarria. Penampilan Lionel Messi di 30 menit babak pertama seakan tenggelam.

 

Kondisi seperti tiu tentu menyulitkan pasukan Blaugrana untuk memperoleh gol. Sementara itu, pemain-pemain Bilbao masih terus berusaha untuk mencari celah di lini pertahanan Barca.

 

(Klik Juga: Skill Evan Dimas Kelas Eropa Layak ke Spanyol

 

Beberapa kali Barca memperoleh peluang di babak pertama. Peluang nyaris berbuah gol saat peluang dimiliki Andres Iniesta. Di menit ke-37, pemain tengah Barca tersebut sempat mengecoh sejumlah pemain bertahan Bilbao. Namun, tendangannya masih melambung di atas gawang.

 

Gol ditunggu-tunggu publik Camp Nou pun hadir di penghujung laga. Adalah Messi yang mampu memecah kebuntuan di menit ke-43. Melalui kerja sama apik antara Ivan Rakitic mengumpan bola ke Luis Suarez, dengan kontrol dada yang baik, bola tersebut diberikan oleh Messi yang langsung menendangnya untuk memperoleh keunggulan. Boom! 1-0 Barca unggul.

 

Sempat ada insiden kecil mengakibatkan Pedro diberi kartu kuning pada pertandingan ini. Seiringan dengan itu, babak pertama pun berakhir 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

 

Di paruh kedua, para pemain Barca tetap terus menekan Bilbao. Namun, meski sempat menekan toh Barca akhirnya kecolongan. Bilbao memperoleh peluang melalui kaki Arits Aduriz di menit ke-56.

 

(Baca Juga: Evan Dimas Datang, Llagostera Populer

 

Akan tetapi, penampilan hebat ditunjukkan Claudio Bravo dalam mengawal gawang Barca, sukses mengamankannya dari kebobolan. Keputusan Enrique kali ini tepat.

 

Petaka bagi Barca, seorang bek andalannya, Gerard Pique, terkena kartu merah akibat protes berlebihan kepada wasit. Sejak menit inilah, Messi dkk bermain dengan sepuluh pemain.

 

Sejumlah peluang didapat baik dari pemain Barca dan Bilbao di babak kedua ini. Agaknya, dewi fortuna belum menaungi kedua klub tersebut.

 

Pada menit ke-74, Suarez mendapatkan peluang. Lagi-lagi, peluang hasil dari kerja samanya dengan Messi masih gagal berbuah gol. Aduriz akhirnya menjawab dengan sebuah gol sesaat setelah peluang Suarez tadi.

 

Meski usaha pertama melalui sundulan gagal, namun di percobaan kedua pemain yang di leg pertama mencetak hattrick itu sukses mencetak gol. Publik Camp Nou pun terhenyak. Agregat menjadi 1-5 keunggulan bagi anak-anak Basque.

 

Menjelang menit akhir, seorang pemain Bilbao, Kike Sola, mendapat kartu merah usai melanggar Javier Mascherano. Namun, kartu merah tersebut tampaknya tidak berpengaruh dengan kondisi tim yang tetap tersenyum gembira dan bersiap berpesta hari ini.

 

Wasit Carlos Velasco Carballo akhirnya meniup peluit akhir. Hasil ini membuat para awak tim Athletic Bilbao tumpah ruah ke dalam lapangan.

 

Bukan sesuatu berlebihan jika klub yang terkenal dengan produksi talenta lokal tersebut begitu gembira. Pasalnya, ini adalah gelar yang dinanti sejak 36 tahun silam. 

 

Susunan Pemain:

Barcelona: Bravo; Alves, Pique, Mascherano, Mathieu; Rakitic, Busquets, Iniesta; Messi, Suarez, Pedro

Athletic Bilbao: Iraizoz; Marcos, Etxeita, Laporte, Balenziaga; Gurpegi, Benat, Eraso; Boveda, Aduriz, Susaeta

 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: bola.net