Ibu-ibu, Hari Ini Ada Gerakan Pangan Murah di Rumbai Pekanbaru

Pasar-murah-di-binawidya.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru kembali menggelar Gerakan Pangan Murah menjelang Ramadan 1445 Hijriah. Gerakan Pangan Murah digelar di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Rabu, 6 Maret 2024.

"Untuk di Kota Pekanbaru kita mengadakan di Kecamatan Rumbai, Rabu," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru Maisisco di Pekanbaru, Selasa, 5 Maret 2024.

Gerakan Pangan Murah yang rutin digelar ini menyediakan sejumlah komoditas pangan. Mulai dari beras, gula, minyak goreng, telur, bawang, cabai, ayam, hingga daging.

Semua komoditas pangan yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat dijual dengan harga miring. Seperti beras premium Anak Daro ukuran 5 Kilogram seharga Rp75 ribu dan beras Stabilitas Pasokan Harga Pangan (SPHP) 5 Kg seharga Rp53 ribu.


Kemudian harga minyak goreng 1 liter Rp13 ribu dan Gula Pasir 1 Kg seharga Rp15 ribu. Masyarakat juga bisa mendapatkan bahan pokok seperti bawang merah, cabai merah dan daging ayam atau daging sapi dengan harga petani atau peternak.

Maisisco mengatakan Gerakan Pangan Murah ini digelar seiring harga bahan pokok yang merangkak naik, terutama menjelang Ramadan. Untuk itu perlu upaya melakukan stabilisasi pasokan dan harga bahan pokok.

"Dengan dilaksanakannya GPM ini, akan bisa menekan laju kenaikan harga dan memenuhi keperluan masyarakat atas bahan pangan," katanya.

Tak hanya di Kota Pekanbaru, Gerakan Pangan Murah digelar serentak di Indonesia dalam upaya stabilisasi pasokan dan harga jelang Ramadan.

"Karena itulah, kami mengajak masyarakat, khususnya di Pekanbaru bisa memanfaatkan momen ini untuk berbelanja keperluan pangan keluarga. Untuk harga, dikarenakan ini merupakan upaya intervensi pemerintah terhadap lonjakan dengan pemotong jalur distribusi komoditas," tukasnya.(ANTARA)