Harga Komoditi Perkebunan di Riau Naik, Ini Rinciannya

Pinang5.jpg
(Riau Online/Annisa Alzikri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Perkebunan Provinsi Riau mendata harga komoditas perkebunan yakni pinang kering di Provinsi Riau, pekan ini mengalami kenaikan.  

Kepala Dinas Perkebunan Riau, Syahrial Abdi mengatakan pinang kering berada pada level Rp 5.650 per kilogram atau naik Rp 738. 

"Berlaku di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti," ujar Syahrial, Kamis 29 Februari 2024. 

Ia menjelaskan, untuk harga produk komoditi perkebunan lainnya di Provinsi Riau juga mengalami kenaikan. 


Di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti untuk periode pekan ini kelapa butiran dibanderol sebesar Rp 2.900 per kg.

Disusul harga kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti sebesar Rp 5.475 per kg. 

"Tepung sagu basah sebesar Rp 2.800 per kg harga berlaku di Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti yakni naik dari harga di minggu lalu," kata Syahrial.

Sementara, untuk harga Bokar (Bahan Olahan Karet Rakyat) baik tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di Kabupaten/Kota di tingkat petani/KUB Kabupaten Kampar sebesar Rp11.500 per kg. 

"Kita dari Dinas Perkebunan Prov Riau selalu berupaya dan mendorong mutu karet petani Riau terus meningkat melalui upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet untuk bergabung dalam UPPB (Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar) sehingga mutu hasil karet rakyat menjadi bersih dan harga ditingkat petani menjadi meningkat," pungkasnya