Investasi Dalam Negeri Mendominasi di Pekanbaru, Banyak Investor di Sektor Kehutanan

Ilustrasi-Investasi5.jpg
(Foto: Pixabay via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru mendata penanaman modal dalam negeri atau PMDN mendominasi realisasi investasi pada 2023.

Realisasi Investasi Kota Pekanbaru pada tahun lalu melampaui target yakni Rp 6,5 triliun dengan total PMDN tahun 2023 mencapai Rp 5,8 triliun.

Sektor kehutanan mendominasi realisasi investasi pada tahun 2023 lalu. Mereka pun memprediksi iklim investasi tahun 2024 bisa melanjutkan tren positif pada tahun 2023.   

"Jadi dari catatan kita, realisasi investasi tahun lalu didominasi PMDN, kebanyakan bergerak di sektor kehutanan," jelas Kepala DPMPTSP Kota Pekanbaru, Akmal Khairi, Kamis 22 Februari 2024.


Ia menuturkan, sumbangan investasi dari sektor kehutanan pada PMDN mencapai Rp 1 triliun sepanjang tahun 2023. Sektor lainnya yang mendominasi dalam PMDN pada tahun lalu yakni perikanan dan pertambangan.

Pihaknya memasang target realisasi investasi PMA dan PMDN di Kota Pekanbaru pada 2024. Secara optimis, mereka pun memasang target untuk investasi PMA dan PMDN tahun ini sebesar Rp 5,091 Triliun. 

Target realisasi investasi ini meningkat dari target tahun 2023 lalu yakni Rp 4,9 Triliun. Hal ini lantaran realisasi investasi tahun lalu melampaui target yang persentasenya mencapai 131 persen.

"Ada peningkatan realisasi investasi tahun 2023 dibanding tahun 2022, saat itu realisasi investasi hanya Rp 4,3 triliun," tutupnya.