Harga Lelang Karet di Kuansing Tembus Rp 11.159 per Kilogram

Karet-di-kuansing.jpg
(ROBI SUSANTO/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Harga lelang bahan olahan karet (Bokar) di Kabupaten Kuansing mengalami kenaikan. Harga lelang karet kini tembus Rp 11.159 per kilogram.

"Alhamdulillah harga lelang karet di Gapoktan Maju Basamo desa Kopah terus mengalami kenaikan," ujar Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kuansing, Andri Yama Putra, Selasa, 6 Februari 2024.

Andri mengatakan naiknya harga lelang karet di Kuansing tentunya memberi semangat bagi petani karet di Kuansing. Dia berharap petani karet semakin meningkatkan mutu bokarnya sehingga harga bisa lebih tinggi lagi.

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kuansing akan selalu berupaya dan mendorong petani untuk terus meningkatkan mutu Bokar dan tergabung dalam UPPB. Sehingga kata Andri mutu Bokar menjadi bersih dan harga ditingkat petani meningkat.


Ketua Gapoktan Maju Basamo Setiadi mengucapkan terima kasih atas pembinaan dan bimbingan yang dilakukan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kuansing selama ini sehingga harga lelang bokar bisa lebih tinggi.

"Alhamdulillah harga lelang naik minggu ini Rp 259 per kg menjadi Rp 11.159 per kg," ujar Setiadi .

Dia mengakui kalau harga lelang karet terus mengalami kenaikan beberapa pekan terakhir. Hal ini tentunya berdampak terhadap kesejahteraan petani terutama yang sudah bergabung dengan Gapoktan yang ada di Kuansing.

"Ini juga tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kuansing yang menjadikan karet petani jauh lebih berharga seperti saat ini," katanya.