Harga Cabai Merah Stabil di Pekanbaru, Rawit Bukittinggi Naik

Pedagang-cabai-pasar-agus-salim.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Harga kebutuhan pokok di Kota Pekanbaru masih fluktuatif pada momen natal dan tahun baru. Ada di antara sejumlah komoditi mengalami penurunan harga, Jumat 29 Desember 2023.

Harga komoditi yang alami penurunan yakni cabai merah. Sempat menyentuh harga Rp 60.000 hingga Rp 90.000 per kilogram, kini cabai merah Bukittinggi Rp 57.857 per kilogram.

Komoditi lainnya yang mengalami penurunan harga yakni bawang merah Solok Rp 33.714 per kilogram, bawang putih Rp 36.714 per kilogram.

Selain itu, daging ayam ras juga mengalami penurunan harga, kini menjadi Rp 26.714 per kilogram dan telur ayam ras Rp 50.571 per papan. Komoditi yang harganya masih tinggi yakni cabai rawit Bukittinggi Rp 52.857 per kilogram.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, mengklaim tidak ada lonjakan harga bahan pokok meski akses Sumatera Barat (Sumbar)-Riau terputus akibat longsor beberapa waktu lalu.


Kepala DPP Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin menyatakan, saat ini pasokan bahan pokok Kota Pekanbaru tidak hanya dari Sumbar.

"Pasokan bahan pokok tidak hanya dari Sumbar, ada juga dari Sumut dan aceh," ujarnya.

Ia berharap, akses jalan yang putus akibat longsor dan banjir di lintas Sumbar-Riau bisa segera diperbaiki. Namun Ia menyebut, ada alternatif lain yang bisa dilewati.

"Untuk jalan yang putus kita berharap segera penanganannya selesai. Menjelang itu tentu ada jalan alternatif via taluk kuantan,"

Jalan lintas Sumbar-Riau via Pangkalan terputus sejak Selasa, 26 Desember 2023 dini hari akibat longsor dan banjir yang melanda Pangkalan, Kabupaten Lima Puluh Kota. Akses jalan sempat dialihkan ke Teluk Kuantan-Kiliran Jao.