Harga Cabai dan Tomat di Pasar Palapa Merangkak Naik

Mendag-tinjau-harga-di-pasar-palapa.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Harga cabai dan tomat di pasar tradisional Kota Pekanbaru mulai merangkak naik. Meski masih fluktuatif, naiknya harga dua bahan pangan tersebut cukup signifikan.

Hal ini diakui pedagang, Novi (45), yang berjualan di Pasar Palapa, Jalan Palapa, Pekanbaru. Novi menyebut saat ini harga cabai mengalami kenaikan hingga Rp 60 ribu per kg. Padahal sebelumnya masih di harga Rp 40 ribu per kg.

Menurutnya, kenaikan harga bahan pokok, terutama cabai dan tomat disebabkan adanya permainan dari para agen penjual. Namun, harga cabai masih alami perubahan setiap harinya. 

"Naiknya harga cabai tu biasanya mulai hari Jumat Sabtu, selain itu hari Senin dan Selasa baru turun harganya," jelasnya, Jumat 15 September 2023.

Selain itu, ia menyebut  naiknya harga cabai disebabkan pasokan cabai yang dimuat dari berbagai daerah tidak masuk seluruhnya. Akibatnya, stok cabai yang tersedia mengalami kenaikan harga. 


"Biasanya gitu, kalau pasokan cabai yang dimuat ndak masuk, cabai yang tersedia tu dinaikkannya harganya," ungkapnya.

Selain cabai, Novi menjelaskan lebih kurang sudah sebulan harga tomat mengalami kenaikan. Awalnya tomat dijual dengan harga murah oleh para petani mulai dari harga Rp 5.000, namun kini harganya mencapai Rp 15.000 per kilo.

Sementara itu, bahan pangan lainnya saat ini yang mengalami penurunan harga adalah bawang. Khususnya bawang putih dari harga Rp 70 ribu turun menjadi Rp 54 ribu per kg.

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE