Rumah BUMN dan PT Pos Indonesia Gerakkan UMKM Bantu Ekonomi Masyarakat Riau

BUMN-dan-Pos-indonesia-gerakkan-BUMN.jpg
(Dok. Pos Indonesia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rumah BUMN bersama PT Pos Indonesia membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menggerakkan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Riau. 

Executive General Manager Kantor Pos Cabang Utama Pekanbaru, Teddy Kurniawan menyebutkan guna mendukung kemajuan UMKM, pihaknya juga memberikan diskon pengiriman bagi pelaku UMKM di bawah naungan Rumah BUMN.

"Jadi bagi pelaku UMKM binaan Rumah BUMN mendapatkan harga pengiriman khusus, minimal 10 ribu. Tanpa batasan harga," ujar Teddy, Minggu, 10 September 2023.

Lanjut Teddy, untuk mempermudah pelaku UMKM, pihaknya juga memiliki Aplikasi PosAja. Melalui aplikasi ini, semua kiriman akan dijemput ke alamat tujuan.

Aplikasi PosAja juga telah terintegrasi dengan aplikasi jasa keuangan PT Pos Indonesia, yaitu POSPAY. Hal ini mempermudah pelaku UMKM apabila pemesanan dilakukan dengan sistem pembayaran COD.

"Sekarang pelayanan melalui COD banyak diminati, dengan adanya PosAja yang terintegrasi dengan POSPAY, mereka bisa memonitor uang sudah masuk atau belum," sebut Teddy mengakhiri. 

Di tempat yang sama, CEO Rumah BUMN Riau, Dian Pratomo menjelaskan kehadiran pihaknya untuk berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM serta perekonomian di masyarakat.


Capaian tak hanya disasarkan di dalam negeri, namun juga secara global. Secara tak langsung Riau diharapkan dapat meningkatkan nilai devisa.

"Saat ini sekitar 25 ribu UMKM berada di bawah naungan Rumah BUMN," tutur Dian.

Pihaknya juga mempermudah pelaku UMKM untuk mengemas barang dagangannya dengan menyediakan berbagai fasilitas penunjang yang dapat digunakan secara gratis.

Pelaku UMKM hanya perlu datang ke Rumah BUMN yang berada di Jalan Sultan Syarif Kasim nomor 138, Pekanbaru.

"Silakan pelaku UMKM mendaftar menjadi binaan kami sehingga alat packaging dapat digunakan. Dengan ini diharapkan pelaku UMKM dapat menekan modal," sebutnya.

Selain pelaku UMKM, pihaknya juga ingin menggaet generasi milenial. Ia ingin generasi muda mampu menjadi business builder.

"Melalui rumah BUMN kami ingin anak muda menjadi entrepreneur sehingga membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," ujarnya.

Tambah Dian, melalui kolaborasi ini ia berharap dapat meningkatkan serta mempromosikan UMKM Riau agar naik kelas. 

Salah satu pelaku UMKM di bawah naungan Rumah BUMN bernama Leni mengaku senang dengan kegiatan dan kolaborasi ini.

"Tentu senang, karena BUMN punya kepedulian terhadap perkembangan UMKM. Apalagi kami UMKM baru. Senang rasanya BUMN dapat menggandeng kami," pungkasnya.