Asian Agri Raih Penghargaan dalam Pengembangkan Sawit Berkelanjutan dari Kementan

Asian-Agri5.jpg
(Asian Agri)

RIAU ONLINE, TANGERANG - Asian Agri menerima Penghargaan sebagai Mitra Pemerintah dalam Pengembangkan Kelapa Sawit Berkelanjutan dari Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo, atas keberhasilannya menjalin kemitraan dengan petani kelapa sawit binaannya. Penghargaan diberikan oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi kepada Head of Government Relation and Industry Asian Agri, Alfian Simbolon di Acara Perkebunan Indonesia Expo 2023 (The 2nd Bunex 2023) yang diselenggarakan di Hall-3A ICE BSD City, Tangerang, Banten, Kamis, 7 September 2023.

Pada pembukaan acara tersebut, Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo menjelaskan bahwa para pelaku usaha harus memperkuat hilirisasi perkebunan sebagai kekuatan ekonomi masa depan bangsa. Hal ini dipercaya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, ke depan perlu ada konsolidasi dari semua pihak dalam memperbaiki lahan-lahan perkebunan di seluruh daerah.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alamsyah mengatakan sektor perkebunan berhasil menjadi penyumbang terbesar ekspor pertanian. Sektor ini berkontribusi terhadap nilai ekspor nasional sebesar 12,91 persen. 

“Hal ini menunjukkan bahwa peluang ekspor komoditi perkebunan sebagai salah satu sumber devisa negara masih terus ditingkatkan. Adapun ekspor komoditas perkebunan yang melonjak pada tahun ini paling besar disumbang oleh komunitas kelapa sawit, karet, Kakao, kelapa dan kopi,” terangnya.


Head of Government Relation and Industry Asian Agri, Alfian Simbolon mengaku sangat bangga dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan dari Kementerian Pertanian. 

“Kami terus berupaya untuk menyejahterakan kehidupan petani kelapa sawit dalam hal peningkatan produktivitasnya kebun kelapa sawit mereka dengan menggunakan bibit kelapa sawit unggulan kami yaitu Topaz. Hal ini sesuai dengan Komitmen Asian Agri 2030 pilar 1 mengenai Kemitraan dengan Petani yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup para petani,” ucapnya.

Lebih lanjut Alfian menjelaskan bahwa Asian Agri memiliki komitmen untuk terus memberikan dukungan dan bimbingan dalam penerapan best managementpractices. Selain itu, Perusahaanjuga menyediakan benih kelapa sawit berkualitas tinggi (Topaz) yang dapat menunjang produktivitas Tandan Buah Segar (TBS) petani kelapa sawit.

Bunex adalah Perkebunan Indonesia Expo yang merupakan pameran perkebunan yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Kementerian Pertanian. Acara ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu pemberian penghargaan atau anugerah perkebunan dan pameran produk perkebunan. Selain itu, kegiatan ini juga menyediakan sarana promosi kepada pelaku usaha perkebunan agar dapat berkolaborasi dan juga bersinergi bersama. Asian Agri hadir untuk meramaikan kegiatan tersebut dengan mendirikan booth dengan menunjukkan produk andalannya yaitu benih Topaz yang telah teruji dan terbukti meningkatkan produktivitas kebun kelapa sawit.