Bikin Bangga, Kerajinan UMKM Riau Tembus Kancah Internasional

Produk-UMKM-Riau-yang-tampil-di-AS.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perkembangan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Provinsi Riau tampaknya berbuah manis. Salah satu produk UMKM Riau, Rumah Tamadun, yang berasal dari Kabupaten Rokan Hilir mampu menembus pasar internasional di Washington DC, Amerika Serikat.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Provinsi Riau, M Taufiq OH, mengatakan Rumah Tamadun membuat kerajinan berupa tas, kotak tisu, hingga aksesoris lainnya menggunakan bahan dasar lidi sawit.

"Produksi kerajinan yang dipasarkan di Amerika Serikat itu adalah karya rumah produksi Rumah Tamadun dikelola oleh putra asli daerah Rokan Hilir," ujarnya, Rabu, 9 November 2022.

Melihat keberhasilan produksi Rumah Tamadun ini, Taufiq menyebut Pemerintah Provinsi Riau melalui Disperindagkop UKM akan mendukung perkembangan pelaku UMKM untuk berkiprah di luar Riau.

“Kita membantu kemudahan-kemudahan untuk para UMKM ini. Ya seperti contohnya jika ada yang akan melakukan pameran keluar kita kasih kemudahan izinnya. Sehingga mereka bisa meningkatkan produknya dan produknya ini mampu dikenal baik dalam negeri maupun luar negeri,” jelasnya.


Taufiq juga berharap kedepannya para pelaku UMKM lainnya yang ada di Riau mampu meniru yang dilakukan Rumah Tamadun ini.

"Karena saya dan Pak Gubernur, Saymsuar pun pasti mensupport secara penuh,” tukasnya

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar memberikan apresiasi terhadap pelaku UMKM Rumah Tamadun yang sudah berhasil memasarkan produk unggulannya ke negeri Paman Sam itu.

Ia mengatakan, untuk mengembangkan pelaku UMKM, Pemprov Riau telah melakukan kerjasama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia dalam menggelar pameran UMKM di Sarinah, Jakarta Pusat.

"Kami juga bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dalam memasarkan produk-produk UMKM yang ada di Riau mulai dari tahun 2021. Insyaallah Minggu ini juga akan memasarkan produk-produk UMKM dari Riau ini nanti di Sarinah," pungkasnya.

Sementara, menyinggung soal pameran produk unggulan UMKM yang mengusung tema bandar melayu Riau dan untuk Indonesia di Sarinah, Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat pada 13 - 25 November mendatang, akan diisi berbagai produk seperti sandang, kriya, dan pangan dari 12 Kabupaten/Kota di Riau.