Sejumlah Komoditi Perkebunan di Riau Alami Penurunan Harga, Kopra Turun Rp293 per Kg

Ilustrasi-Kopra.jpg
(Katadata.co.id)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Berdasarkan data Dinas Perkebunan Provinis Riau, sejumlah komoditi perkebunan seperti pinang kering dan kopra saat ini mengalami penurunan harga.

"Beberapa komoditas perkebunan lebih dominan mengalami penurunan harga. Meski ada yang stagnan," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja, Rabu 22 Juni 2022.

Diungkapkan Defris, di antara komoditas lain, harga kopra mutu kering atau 100% di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti mengalami penurunan tertinggi sebesar Rp293/kg.

"Harga kopra pada minggu ini Rp6.825/kg, mengalami penurunan sebesar Rp293/kg dibandingkan dengan minggu lalu," tuturnya.

Disusul, pinang kering (100%) di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kabupaten Bengkalis yang juga mengalami penurunan.

"Untuk harga minggu ini Rp11.100/kg, turun sebesar Rp69/kg dibandingkan dengan harga minggu lalu," imbuhnya.


 

 

Berbeda dengan pinang dan kopra, untuk tepung sagu basah di beberapa kabupaten di Riau mengalami stagnan atau masih sama sengan harga minggu lalu.

"Kepulauan Meranti tidak mengalami kenaikan dan penurunan harga. Harga minggu ini masih sama dengan harga minggu lalu yaitu sebesar Rp2.029/kg," tandasnya.

Kendati demikian, berbeda dari komoditi perkebunan lainnya, harga kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar, Kepulauan Meranti, Kabupaten Inhil dan Kabupaten Bengkalis pada periode minggu ini malah mengalami kenaikan.

"Harga kelapa butiran di beberapa daerah di Riau mangalami kenaikan jika dibandingkan dengan minggu lalu, naiknya Rp376/kg jadi sebesar Rp3.487/kg," pungkasnya.