Tokopedia Jadi Market Place Produk Lokal Program Melayu Merindu

melayu-merindduu.jpg
(sceenshot)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sebagai upaya memajukan dan melestarikan fashion Wastra Melayu, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) BPD Riau menggandeng Tokopedia menjadi market place produk lokal program Melayu Merindu.

Direktur Kebijakan Publik dan Pemerintah, Astri Wahyuni mengatakan hal ini dilakukan untuk memberikan panggung seluas-luasnya kepada penggiat usaha sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa.

"Meski sempat diterjang pandemi, industri textile dan fashion mulai bangkit di triwulan 3 2021. Hal ini tentu menjadi bukti dan harapan bahwa tahun ini industri textile dan fashion mampu menjadi pilar pendukung bangkitnya ekonomi nasional," ujar Astri Wahyuni, Senin 28 Maret 2022.

Dikatakan Astri, lewat kolabarasi ini diharapkan mampu menciptakan peluang lewat bisnis secara online dengan menggait sejumlah pengrajin dan penggiat usaha di Riau untuk memasarkan produk lokalnya secara online di Tokopedia.


"Melalui serangkaian kerja sama dengan mitra strategis, Tokopedia menjadi official market place partner dalam program Melayu Merindu. Dengan semangat selalu ada kami akan terus mendukung berbagai industri agar bisa bangkit," jelasnya.

Sementara, Kepala Divisi kebijakan Publik dan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan menambahkan dengan misi ekonomi digital, Tokopedia ingin memberikan kesempatan pelaku usaha, pengrajin, dan pelaku UMKM agar produknya bisa dikenal di berbagai daerah.

"10 tahun lalu mungkin masyarakat pengrajin di Riau sangat sulit memasarkan produknya ke luar, maka dari itu hadirnya Tokopedia dengan misi pemeraataan ekonomi digital di Indonesia mampu memberikan kesempatan yang sama dengan pelaku pengrajin yang ada di Jawa," tuturnya.

"Kami berharap Wastra Riau juga tidak hanya dinikmati masyarakat Riau saja tapi juga menjadi raja di negeri sendiri dan menjadi tamu yang harum di provinsi lain," tambahnya.

Sebagai informasi, adapun, 12 kolaborasi dalam Melayu Merindu terdiri dari beragam produk fesyen wanita yang dikombinasikan dengan Wastra khas Melayu.

Konsumen dapat membeli produk tersebut melalui platform Tokopedia dengan berbagai kemudahan, salah satunya gratis ongkir dan promo lainnya. Produk dapat ditemukan disini : https://tokopedia.link/KvhHREAVAob