Aktual, Independen dan Terpercaya


Chevron Hadirkan Pelatihan Autocad-Electrical Di Universitas Lancang Kuning

chevron-kemitraan.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE - PEKANBARU – PT. Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI) dalam program kemitraan dengan Universitas atau University Relationship Program (URP) kembali memberikan inovasi baru.

PT. CPI pada Senin (28/10) secara resmi membuka pelatihan Autocad - Electrical untuk para dosen serta mahasiswa/i di Universitas Lancang Kuning, Rumbai. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala SKK Migas Sumbagut yang diwakili oleh Rochaddy Lubis, Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau Indra Agus Lukman AP, M.Si, dan Rektor Universitas Lancang Kuning Dr.Hj. Hasnati, SH., MH. serta General Manager Corporate Affairs Asset PT. CPI Sukamto Tamrin.

PT. CPI tidak hanya menghadirkan pelatihan Autocad - Electrical secara literatur oleh tenaga ahli, namun juga mendukung penyediaan 20 unit komputer dan Uninterruptible Power Supply (UPS) untuk melengkapi fasilitas laboratorium di Universitas Lancang Kuning.

“Sebelum ada bantuan PT CPI, Fakultas Tekhnik Unilak sering disebut sebagai Fakultas Teknik Jurusan Sastra,” kata Dr. Hj. Hasnati, SH., MH. Rektor Universitas Lancang Kuning. “Namun sekarang sudah lebih baik. Mudah-mudahan bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh mahasiswa maupun dosen untuk berinovasi di masa depan,” lanjut Hasnati.

“Sudah menjadi komitmen kami untuk dapat terus berpartisipasi dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia putra-putri kita bersama di Riau khususnya dalam bidang pendidikan. Kami juga berharap hal ini dapat meningkatkan akreditasi jurusan, khususnya bagi Fakultas Teknik Elektro, Universitas Lancang Kuning,” ujar General Manager Corporate Affairs Asset PT. CPI Sukamto Tamrin.

Sukamto menambahkan bahwa pelatihan dan pendidikan Autocad - Electrical ini menjadi sangat penting dan diperlukan bagi program studi Teknik Elektro karena memang digunakan bagi mereka yang kelak akan menjadi seorang Insinyur mesin, Insinyur sipil, land developer, dan masih banyak lagi.

Program kemitraan dengan Teknik Elektro Universitas Lancang Kuning merupakan salah satu bagian dari program kemitraan PT. CPI dengan Universitas atau University Relationship Program (URP). Disamping itu, ada juga program kemitraan di universitas lainnya yaitu dengan Teknik Kimia Universitas Riau, Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau, dan FMIPA Kimia Universitas Muhammadiyah Riau yang di mana seluruh pendanaan program kemitraan ini langsung berasal dari Chevron Corporation.

Lingkup bantuan mencakup kegiatan peningkatan mutu sumber daya manusia di antaranya melalui kuliah tamu, seminar, kunjungan lapangan, publikasi jurnal, perbaikan kualitas infrastruktur, peningkatan akreditasi dan penyediaan peralatan laboratorium maupun perpustakaan. Program ini telah berjalan selama 10 tahun terakhir dan beberapa program studi di Universitas yang tergabung dalam program URP bersama PT. CPI telah menunjukan kenaikan akreditasinya.

“PT. CPI meyakini bahwa peningkatan kualitas SDM salah satunya dengan investasi sosial di bidang pendidikan adalah kunci kemandirian dan kesejahteraan bagi masyarakat. Sebuah program pengembangan masyarakat itu harus mampu menciptakan kemandirian, bukan ketergantungan. Kami meyakini dan berharap fokus kami dalam program ini akan terus membuahkan hasil positif bagi dunia pendidikan khususnya warga Riau,” ungkap Sukamto.

PT. CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT. CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT. CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai operasi PT. CPI di Indonesia dapat diakses melalui www.indonesia.chevron.com .