Mengintip Tumpeng Kemerdekaan Prime Park Pekanbaru

TUMPENG.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun, Prime Park Hotel Pekanbaru kembali hadirkan sajian istimewa khas Nusantara.

Kali ini hotel yang berada di kawasan Jalan Jendral Sudirman blok A3-6 tersebut membuat kreasi yang dinamakan “Tumpeng Kemerdekaan”.

Hal tersebut disampaikan Jamal, Junior Sauce Chef dari Prime Park Hotel Pekanbaru. Menurutnya untuk menu andalan di bulan Agustus haruslah bertemakan kemerdekaan atau semangat dari kemerdekaan tersebut.

Oleh sebab itu ia dan tim nya berupaya untuk memberikan sajian istimewa yang kental dengan budaya Indonesia dan tentu saja mengandung nilai dan semangat dari kemerdekaan.

“Tumpeng kan memang khas dari Indonesia. Namun untuk memberikan suasana kemeriahan hari kemerdekaan ini, tumpeng yang biasanya berwarna kunig, kini kita buat merah putih,” katanya, Selasa.


Lebih jauh ia menjelaskan bahwa pemilihan warna tersebut berdasarkan berbagai pertimbangan. Salah satunya ialah terkait momentum kemerdekaan tersebut.

Warna merah putih tersebut memang dikhususkan melambangkan bendera Indonesia. Namun jangan takut, warna tersebut bukan berasal dari pewarna makanan maupun sejenisnya, tapi bahan baku yang dipilih.

Dalam hal ini nasi tumpeng yang digunakan berasal dari beras merah dan tentu saja beras putih.
Menurutnya lagi pemilihan bahan baku tersebut selain untuk tujuan menyelaraskan dengan warna bendera Indonesia, juga untuk alasan kesehatan.

Hal ini berdasarkan hasil kajian dari berbagai pihak bahwa kandungan Beras merah sangat baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan. Kandungan gula dari beras merah lebih sedikit bila dibandingkan dengan nasi putih.

Disamping itu, beras merah juga sudah terbukti memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Hal baik lainnya yang akan anda dapatkan dari beras merah tersebut ialah dapat mengontrol diabetes.

Selesai dengan bahan baku beras, dari segi citarasa tim Kitchen dari Prime Park Hotel Pekanbaru Tumpeng Merah Putih juga memberikan perhatian khusus dari segi citarasa.

Dikatakannya bahwa seluruh bahan baku dalam sajian tersebut hanya menggunakan bumbu khas nusantara sehingga ciatarasa yang dihasilkan sangat terjaga keasliannya.

“Kalau mau tau, datang dan cicipi sendiri tumpeng merah putih kita,” pungkasnya. (**)