Jelang Ramadan, Harga Ayam Potong di Pekanbaru Naik

Pedagang-Ayam-Potong.jpg
(Republika Online)

LAPORAN: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Harga ayam potong atau ayam ras di Kota Pekanbaru mengalami kenaikan harga beli cukup signifikan. Untuk satu kilogramnya, harga ayam tersebut mencapai Rp30 ribu per kilogram dari sebelumnya hanya Rp20 ribu per kilogram. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Selasa 15 Mai 2018.

"Kenaikan harga daging ayam tertinggi Rp30 ribu ini sudah terjadi sejak kemarin. Diikuti ayam kampung Rp60 ribu per kg, tetapi sekarang sudah turun Rp50 ribu per kg," katanya.

Menurut Ingot, kenaikan harga tersebut dikarenakan meningkatnya pembelian masyarakat. Meningkatnya konsumsi ayam potong ini juga tak lepas dari persiapan menjelang bulan Ramadhan.

"Jadi biasanya kalau konsumen cuma beli satu kilogram, mendekati bulan puasa belinya dua kilogram atau lebih. Biasanya untuk stok awal Ramadhan atau acara keluarga," ujarnya.

Untuk diketahui, stok ayam potong di Pekanbaru didatangkan dari Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar). Sementara, permintaan ayam potong di daerah tersebut juga meningkat.

Baca Juga Sembako Naik Jelang Ramadhan, Dewan: Kita Akan Pantau

“Inilah yang membuat stok di Pekanbaru terbatas, menyebabkan harga naik tajam," sebutnya.

Meski demikian Ingot menyampaikan supaya masyarakat tidak resah apalagi sampai panic buying. "Jangan panik berbelanja. Kami sudah rapat koordinasi dengan Provinsi Riau juga Bulog. Dari Bulog menjamin puasa hingga lebaran aman," katanya.

Meski daging ayam mengalami kenaikan, beberapa komoditi lainnya justru mengalami penurunan seperti cabai merah Rp40 ribu jadi Rp38 ribu per kg dan bawang merah Rp34 ribu jadi Rp30 ribu per kg. Kemudian bawang putih Rp26 ribu jadi Rp20 ribu per kg dan rawit Rp40 ribu jadi Rp30 ribu per kg.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id