Wow, Harga Pertalite di Riau Tertinggi se-Indonesia. Ini Penyebabnya

Pertalite-Pertamina.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Tak hanya Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax saja dijual ke konsumen di Riau dengan harga tertinggi se-Indonesia, Pertalite juga bernasib serupa. 

Pertamina merilis harga Pertalite di seluruh provinsi se-Indonesia. Dari daftar tersebut, ternyata Provinsi Riau dan Kepulauan Riau nilai jual Pertalite tertinggi dibandingkan provinsi-provinsi di Pulau Jawa, Kalimantan, bahkan di Papua. Per liter, Pertalite dijual Rp 7.900. 

Manager Humas Pertamina Wilayah Sumbagteng, Rudi Arrifanto kepada RIAUONLINE.CO.ID, menjelaskan tingginya harga Pertalite di Riau akibat kebijakan Pemerintan Provinsi (Pemprov) Riau yang menambahkannya dengan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB). 

“Untuk wilayah lain memang PBBKB-nya ditetapkan 5 persen, sedangkan Riau dan Kepulauan Riau 10 persen. Inilah penyebab perbedaan harga antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Tetapi ini bukan ranahnya Pertamina, karena penetapan PBBKB kebijakan pemerintah daerah setempat,” jelas Rudi, Rabu, 17 Januari 2018. 

Harga Pertalite di Riau Tertinggi Se-Indonesia

Menurut Rudi, Pertalite merupakan BBM non subsidi, pengganti Premium, pergerakan harganya sangat bergantung perkembangan harga minyak mentah dan kurs Rupiah terhadap Dolar AS.

“Harga Pertalite penetapannya pada 13 Januari 2018, harga itu sendiri sebenarnya tidak mengalami perubahan periode 17 November 2017,” tuturnya. 

Ia mengakui, selain faktor PBBKB yang ditetapkan masing-masing pemerintah setempat, penetapan harga dipengaruhi biaya distribusi dari masing-masing daerah.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id