Andi Rachman Optimistis Siak Jadi Pusat Swasembada Pangan di Riau

Andi-Rachman-Syamsuar-Cipika-Cipiki.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, SIAK - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, optimistis Provinsi Riau menjadi lumbung pangan dengan Kabupaten Siak sebagai sentra pangan di bumi Lancang Kuning bersama dengan Kabupaten Pelalawan. 

Optimistis ini disampaikannya bersamaan dengan penanaman padi dan jagung pada atas lahan 5.000 hektare di Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak, Rabu, 5 April 2017. 

"Kita optimis kedepannya Riau khususnya, Kabupaten Siak bisa menjadi lumbung pangan Provinsi Riau," kata Andi Rachman, panggilan akrabnya.

Baca Juga: Di UIN Suska Riau, Panglima TNI Beberkan Fakta Konflik Di Dunia

Guna mewujudkan swasembada pangan tersebut, ia mengajak kerjasama dan gotong royong dari kabupaten serta para pihak lainnya untuk Program Nawacita Presiden Joko Widodo yang menjadikan Indonesia nol impor pangan. 

"Kita harus bekerjasama dan bergotong royong dalam hal pertanian sesuai dengan program Nawacita Presiden Republik Indonesia untuk menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia," tutupnya.

Selama berada di Bungaraya, Siak, untuk penanaman padi dan jagung secara simbolis, hadir Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, KSAD Jenderal TNI Mulyono dan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian. TNI akan mengawal jalannya produksi pangan Indonesia ke arah lebih baik di masa akan datang.

Selain itu, Panglima TNI mengatakan akan terus menjalin komunikasi diiringi kerja sama antara lapisan masyarakat untuk terus mengawal dan mendampingi dalam upaya percepatan peningkatan produksi khususnya di sektor pertanian.

Pada kesempatan sama, untuk mendukung kerja TNI dalam mengawal jalannya percepatan di sektor pertanian, Menteri Pertanian diwakili Dirjen Holtikultura, Spudnik, akan memberikan bantuan agar nantinya masyarakat akan sedikit diberi kemudahan dalam menjalankan usaha pertaniannya.

Klik Juga: Panglima Gatot Di Bungaraya Kawal Swasembada Pangan

"Bantuan itu bisa berupa alat mesin pertanian sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam bertani. Mesin pertanian ini juga diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi. Selain itu, Bapak Menteri juga akan memberikan bantuan benih agar nantinya hasil pertanian akan lebih berkualitas,"katanya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline