Pilkada Serentak Datangkan Berkah bagi XL

Produk-XL-Home.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di 7 provinsi, 76 kabupaten dan 18 kota seluruh Indonesia, Rabu, 15 Februari 2017, memberikan berkah tersendiri bagi operator seluler. 

Termasuk bagi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata). Perusahaan ini mencatat kenaikan trafik layanan data sepanjang hari pencoblosan di berbagai daerah di Indonesia.

Kenaikan trafik terutama terjadi di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta dan Banten. Rata-rata, kenaikan trafik mencapai 17 persen dari hari normal. Penggunaan media sosial (medsos) yang intens mendorong kenaikan tersebut dengan kenaikan mencapai 15 persen.

Baca Juga: Walau Menang, Mayoritas Pemilih Pekanbaru Tak Inginkan Firdaus-Ayat

Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya, mengatakan, jaringan XL Axiata tidak mengalami kendala apa pun dalam memberikan layanan telekomunikasi dan data.

"Seperti biasanya, jaringan kami selalu siap mengantisipasi kenaikan trafik sepanjang tahun, termasuk menghadapi hari-hari besar dan agenda negara seperti Pilkada atau Pilpres. Tentu kami ingin ikut mensukseskan Pesta Demokrasi tersebut dengan menyediakan sarana komunikasi prima," ungkap Yessie kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis, 16 Februari 2017, melalui siaran persnya. 


Pemunguta Suara di TPS

Ia menjelaskan, jauh-jauh hari XL sudah menyiapkan penguatan jaringan di semua daerah yang menyelenggarakan Pilkada. Antisipasi dilakukan antara lain secara khusus memastikan lagi kapasitas jaringan di daerah-daerah menyelenggarakan pemioihan, dan hal-hal lain bersifat teknis.

Trafik penggunaan medsos, tuturnya, paling banyak di Facebook, Path, LINE, dan Whatsapp. Untuk pemakaian Facebook, naik paling tinggi kenaikannya, masing-masing di NAD naik 53 persen, Jakarta 17 persen, Banten 14 persen, dan Bangka Belitung 9 persen.

"Pelanggan menggunakan medsos untuk berbagi informasi, termasuk dalam format gambar atau foto, serta video. Akses Data juga cukup intens dilakukan untuk memantau hasil penghitungan suara," tuturnya. 

Klik Juga: Ini Hasil Sementara Penghitungan Suara Pilwako Kota Pekanbaru

Dilihat dari lokasi kenaikan trafik, jelasnya, kenaikan terjadi di Aceh 27 persen, dibanding trafik hari biasa, disusul Jakarta 17 persen, Banten 17 persen, dan Bangka Belitung 7 persen.

Selain Aceh, Babel, Banten dan Jakarta, Pilkada Serentak provinsi juga berlangsung di Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat. Layanan XL Axiata ada di semua provinsi, dan sebagian besar kota-kabupaten tersebut.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline