BUMD Riau Perlu Go Public, Ini Keuntungannya

Penulis: Wilna Sari

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mendorong Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Riau untuk segera go public atau melantai di bursa saham. Itu adalah satu upaya meningkatkan dividen bagi daerah dan memudahkan akses pendanaan bagi perusahaan.

 

Kepala BEI Pekanbaru Emon Sulaeman mengatakan, ada beberapa dampak positif bagi BUMD bila melantai di bursa saham. Dampak pertama adalah mendapatkan akses pendanaan untuk pengembangan usaha.

 

"Perusahaan bisa mendapatkan dana untuk pengembangan usaha dalam jumlah yang cukup besar. Selanjutnya, perusahaan juga bisa meningkatkan transparansi dan tata kelola perusahaan karena diwajibkan melakukan publikasi laporan keuangan secara berkala. Dengan demikian dipastikan perusahaan dapat beroperasi dengan baik," kata Emon Sulaeman di Pekanbaru, Rabu (20/1/2016). (Baca Juga: Perpanjangan Runway Bandara SSK II Masih Belum Bisa Digunakan)

 

Syarat perusahaan yang akan go public, kata Emon, tidak sulit. Salah satunya, perusahaan harus memiliki aset rill minimal Rp5 miliar. “Karena itu, BEI akan memberikan masukan kepada Pemerintah Provinsi (Pemrov) Riau selaku pemilik saham BUMD agar segera melantai di bursa efek,” jelasnya.

 

Sebelumnya, Pemrov Riau sudah mengupayakan agar peran BUMD dapat memberikan dividen atau imbal hasil lebih besar bagi daerah.

 

Sementara Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Riau Masperi mengatakan, Pemprov Riau saat ini tengah mencari alternatif untuk mencegah terjadinya defisit pada anggaran Riau akibat berkurangnya income daerah dari dividen migas.

 

“Beberapa upaya yang akan kami lakukan itu, pertama efisiensi anggaran, selanjutnya mendorong peran BUMD agar bisa memberikan pemasukan lebih besar bagi Riau,” katanya.

 

Bentuk realisasinya bisa dilihat dari upaya pemprov menggesa setiap perusahaan daerah melakukan pembenahan secara menyeluruh, dimulai dari menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) hingga pemilihan komisaris dan direksi yang berkompeten.

 

"Langkah ini bisa berdampak positif pada operasional perusahaan daerah, sehingga BUMD yang ada di Riau bisa membantu dan memberikan dividen yang lebih besar," pungkasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline