Dirut Telkomsel: TSO Beda Tipis dengan Kantor Google

Telkomsel.jpg
(RIUONLINE.CO.ID/Wilna)

Penulis: Wilna Sari

 

RIAUONLINE, PEKANBARU – Guyonan Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah saat memberi sambutan Launching Telkomsel Smart Office (TSO) sempat membuat riuh ruangan. Pasalnya, kantor yang bertempat di lantai lima Graha Merah Putih Jalan Jenderal Sudirman No. 199 Pekanbaru ini memiliki konsep ruangan tanpa sekat, mendekati konsep kantor mesin pencari nomor satu alias kantor perwakilan Google di Jakarta.

 

“Kira-kira beda tipis lah dengan kantornya Google,” kata Ririek, Jumat (18/12/2015).

 

Desain ruangan markas Telkomsel Pekanbaru yang diciptakan cukup bersahabat dan tanpa partisi untuk tiap karyawannya. Sehingga siapa pun yang bekerja di ruangan kantor itu bisa berdiskusi membentuk tim kecil tanpa harus menunggu komando dari atasan. Karena itu, terdapat banyak meja dan kursi di setiap bagian yang sesuai untuk berdiskusi. (KLIK: Sampai Kini Lorenzo - Rossi Tidak Bertegur Sapa)

 

“Kantor ini dirancang demi terwujudnya proses kerja yang lebih inovatif dan produktif. Pada akhirnya ide ini dapat meningkatkan kualitas produk dan layanan Telkomsel sehingga akan memberikan nilai tambah dan meningkatkan kepuasan pelanggan, khususnya di daerah Pekanbaru dan sekitarnya,” katanya, Jumat (18/12/2015).

 

Selain menghadirkan rancangan dan tata letak yang dinamis, fresh, futuristic dan youth, konsep smart office yang dimaksudkan dalam operasional kerja sehari-hari yaitu Paperless, Cashless, dan Wireless & Flexibel Work. (LIHAT: Edarkan Ekstasi, Oknum Polisi Meranti Ditangkap)

 

Paperless merupakan salah satu bentuk dukungan Telkomsel terhadap gerakan Do Green, di mana seluruh karyawan diharuskan meminimalisir penggunaan kertas dalam operasionalnya. Kemudian, Cashless adalah bentuk transaksi pembayaran di kafetaria kantor oleh karyawan dengan hanya menggunakan barcode tanpa uang tunai. Sedangkan Wireless & Flexibel Work dapat memungkinkan karyawan dengan bebas menggunakan meja kerja di mana saja karena akan selalu terhubung dengan internet tanpa kabel.

 

Tidak hanya itu, dalam kantor cerdas ini juga tersedia perangkat permainan sebagai selingan di saat istirahat atau mengurangi kejenuhan karyawan ketika bekerja. Terlihat sebuah meja biliar dan satu unit meja tenis. Di samping itu landscape Kota Pekanbaru yang ditawarkan di sekeliling ruangan kantor juga cukup memberi kenyamanan saat masa jeda bekerja. (BACA: Hindari 6 Makanan Ini Untuk Bayi)

 

Sebelumnya konsep kantor serupa telah diterapkan di Medan. TSO Pekanbaru merupakan kantor kedua untuk Sumatera. Peresmian TSO Pekanbaru yang berlangsung telah ditandai dengan penekanan smart button atau tombol pintar oleh Ririek didampingi oleh para Vice President Area Sumatera Terkomsel yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan TSO.