Jikalahari Optimis Isu Lingkungan Bisa Masuk Kampus

media-briefing.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Koordinator Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari), Woro Supartinah, mengaku hingga kini masih kurang masifnya isu lingkungan digalakkan oleh akademisi kampus baik dosen serta mahasiswanya.

 

Namun Woro optimis isu lingkungan lambat laun bakal menjadi isu bersama yang akan disokong oleh masyarakat umum juga kalangan akademisi kampus, terutama mahasiswa.

 

"Jika kita lihat trennya belakangan ini kita bisa melihat kepedulian mahasiswa pada isu lingkungan mulai tumbuh subur. Kita yakin suatu saat isu lingkungan bukan lagi wacana yang hanya dikampanyekan oleh CSO seperti kami, tapi akan banyak disokong oleh masyarakat," ungkap Woro, Jumat (26/2/2016).

(BACA JUGA: Antar Permohonan Beasiswa, Ribuan Mahasiswa Mengular di Pemprov Riau) 

 

Menurutnya, masalah ini menjadi tantangan tersendiri untuk menggalakkan hal tersebut. Masa depan isu lingkungan adalah masalah yang akan dipandang menjadi masalah yang sangat penting bagi eksistensi ekologis makhluk hidup.


 

Masa depan isu lingkungan menjadi lebih masif akan diperjuangkan masyarakat karena masyarakat beberapa tahun belakangan semakin sering merasakan dampak perubahan lingkungan akibat kegiatan perusakan yang dilakukan oleh banyak oknum.

 

"Kita bisa lihat bahwa belakangan ini seperti bencana asap, bencana banjir atau longsor itu menjadi masalah yang santer dibicarakan dan dikeluhkan oleh masyarakat. Secara tak langsung mereka sudah menyadari mereka melakukan kritik terhadap rusaknya lingkungan yang ada di sekitar mereka sendiri. Suatu saat kampanye penyelamatan lingkungan akan disuarakan oleh mereka," terangnya.

(KLIK JUGA: Lagi-lagi, Pemprov Riau Tuding RTRW Picu Investasi Rp 70 T Terhambat)

 

Sebelumnya, dalam diskusi yang ditaja oleh Jikalahari atas sempena 14 tahun hari jadinya, seorang mahasiswa asal Universitas Islam Riau (UIR), Yosa Satrama Putra mengkritik, hingga hari ini masih terbatasnya isu lingkungan dibicarakan di kampus.

 

"Tantangannya adalah bagaimana hari ini isu lingkungan bisa menjadi ringan dan laku jual untuk dibicarakan dalam tiap diskusi mahasiswa dan kedepannya bisa menjadi gerakan yang juga bisa menyokong konsistensi gerakan yang digalakkan oleh CSO," ujar Yosa yang juga Koordinator Forum Pers Mahasiswa Riau.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline