30 Kota di Cina Dilanda Kabut Asap Tebal

RIAU ONLINE, BEIJING - Beijing dan lebih dari 30 kota lain di bagian utara negeri itu, saat ini diselimuti kabut asap tebal. Demikian diungkapkan Lembaga lingkungan hidup Cina pada Minggu  (20/12/2015). 

"Area kabut asap di sekitar Beijing, Tianjin, Hebei dan wilayah tetangganya yang membentang seluas 560.000 kilometer persegi pada Sabtu, bertambah luas jadi 660.000 kilometer persegi pada Minggu," kata Kementerian Perlindungan Hidup, yang mengutip data dari citra satelit.

Lebih separuh dari 70 kota besar di wilayah Beijing-Tianjin-Hebei dipengaruhi oleh polusi serius dan parah, sebagaimana diberitakan Xinhua. (BACA JUGA: Jambi Jadi Provinsi Pertama Miliki Rancangan Perda Karhutla)

Beijing telah mengeluarkan peringatan siaga merah, tingkat paling serius dalam sistem peringatan polusi empat tingkat dengan tanda warna, untuk kabut asap. 

Pihak berwenang membatasi kendaraan di jalan dan melarang orang memasang kembang api serta membuat barbecue di luar rumah. Tianjin dan beberapa kota besar lain mengeluarkan peringatan orange yang berarti kondisi udara tak aman untuk kesehatan.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline


 

Sumber: Suara.com