Berapa Lama Waktu Dihabiskan Pengguna Smartphone Setiap Hari?

main-HP.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Berapa lama waktu yang Anda habiskan di depan smartphone? Bisa jadi Anda mungkin tak sadar bahwa ternyata sudah berjam-jam waktu yang dihabiskan menggunakan perangkat tersebut.

 

Seperti Laporan Smartphone User Persona Report (SUPR) yang baru dirilis oleh perusahaan produsen mobile platform ternama dunia, Vserv baru-baru ini. Dalam laporan yang menyorot perkembangan pengguna smartphone di Indonesia tersebut, disebutkan pengguna smartphone di Indonesia menghabiskan waktu rata-rata 129 menit per hari.

 

Tak hanya mencatat rata-rata waktu, penelitian ini juga mencatat persona pengguna smartphone yang muncul berdasarkan pola penggunaannya dikaitkan dengan karakter pribadinya. Sekitar 20 persen responden ternyata dikategorikan sebagai penggila / rakus data berdasarkan banyaknya penggunaan data mereka dengan pemasangan aplikasi dan game terbanyak dalam satu bulan. Profil untuk kategori ini didominasi oleh responden berusia 18-24 tahun dan kebanyakan berjenis kelamin laki-laki. (BACA JUGA: Hasil Studi, Di Usia Ini Manusia Paling Energik)

 


Namun 19 persen dari seluruh pengguna ternyata menggunakan smartphone utamanya untuk bermain game, sementara 17 persen dari 1.600 responden tersebut dikategorikan sebagai pengguna utama berdasarkan waktu yang dihabiskan untuk menggunakan smartphone terutama akses aplikasi online.

 

Selain itu, 14% pengguna smartphone yang didominasi oleh perempuan menghabiskan hampir satu jam setiap hari di jejaring sosial, chatting & aplikasi VoIP, yang kemudian disegmentasikan sebagai Bintang Sosial atau gaul.

 

Dari keseluruhan responden, hanya 15 persen pengguna yang menggunakan smartphonenya untuk menelepon dan mengirim pesan. Presentase yang sama juga muncul pada responden yang jarang menggunakan smartphone serta jarang mengakses aplikasi dan situs internet.

 

SUPR merupakan kolaborasi antara produsen perangkat aplikasi Vserv, dengan Nielsen Informate Mobile Insights yang dirancang berdasarkan pada pengumpulan data penggunaan otomatis dari lebih dari 1.600 pengguna smartphone di Indonesia selama tiga bulan dalam kuartal kedua tahun 2015. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknologi smartphone metering inovatif yang dipasang oleh opt-in panelis pada perangkat smartphone mereka.

 

Nah, berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk menggunakan smartphone? (Elizabeth Swanti)

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline