AJI Gelar Festival Media Bertema Cerdas Memilih Media

Logo-HUT-Ke-21-AJI.jpg
(AJI.OR.ID)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kembali menggelar agenda tahunan berupa festival media sebagai rangkaian dari peringatan Hari Ulang Tahun AJI ke-21 tahun ini. Tema festival media tahun 2015 ini adalah "Cerdas Memilih Media". Rangkaian kegiatan festival media ini berupa pameran, talkshow, workshop, serta aneka perlombaan.

 

Dalam penyelenggaraan Festival Media ini, AJI bekerjasama dengan Universitas Atmajaya Jakarta. Acara Festival Media ini digelar 14-15 November 2015 dan dipusatkan di Kampus Unika Atmajaya yang berada di Jl. Jenderal Sudirman No. 51, Jakarta. Sebelumnya, Festival Media digelar di Bandung, Yogyakarta dan Surabaya. Peserta festival media ini berasal dari kalangan media, mahasiswa, masyarakat umum dan anggota AJI dari berbagai kota di Indonesia. (KLIK: Johar Keberatan Bukti Rekaman, Jaksa KPK: Silahkan Lapor)

 

Tema talkshow dan workshopnya antara lain: Cerdas Memilih Media, "Menjadi Presenter" bersama Najwa Shihab dan Aiman, Monetize Your Video, Kelas Menulis Blog, Berkembang Bersama E-Commerce, Drone Journalism, Menulis Kreatif bersama Okky Madasari, Kelas Menulis Opini, Kelas Dokumenter Kreatif, Fotografi Menggunakan Gadget, Penggunaan Open Data dalam Peliputan Investigasi, dan Monetizing Online Media. Tema diskusinya antara lain: Masa Depan Media dan Nasib Jurnalis, Keamanan di Era Digital dan Ancaman terhadap Privasi dan Tantangan Kode Etik di Era Digital.


 

Adapun perlombaannya masing-masing: Lomba Jurnalis Cilik, Lomba Photo on Location, Lomba Stand Up Comedy, Lomba Menulis Kreatif "Mana Indonesiamu", Lomba Penulisan Online Pers Mahasiswa, Apresiasi Jurnalis Jakarta, dan Stan Terbaik untuk AJI Kota. (BACA: Hakim Berondong Suparman Soal Buka Baterai Ponsel)

 

Acara festival media ini terbuka untuk umum dan gratis. Sebagian besar acara dilaksanakan secara paralel dalam ruangan terpisah. Publik yang ingin berpartisipasi dalam festival media ini bisa mendaftarkan diri melalui email [email protected] atau langsung mendaftar melalui website http://festival-media.aji.or.id/ .

 

Festival media tahun ini memilih tema "Cerdas Memilih Media" karena menyadari berjibunnya informasi yang datang kepada publik melalui berbagai platform dan beraneka perangkat. Isi informasi yang tersedia saat ini sangat beragam, dengan kredibilitas sumber juga berbeda-beda. "Melaui festival media ini, AJI berharap masyarakat semakin cerdas memilih sumber informasi, bisa memilih mana yang berdasarkan fakta dan yang bukan," kata Ketua Umum AJI Suwarjono. (rilis)