Hotspot Sumatera Menurun, Kini Terpantau 85 Titik

KABUT-ASAP-RIMBO-PANJANG.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/IZDOR)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Satelit Tera dan Aqua memantau 85 titik panas di sejumlah wilayah Sumatera. Jumlah tersebut jauh menurun dari hari sebelumnya mencapai 769 titik. Sumatera Selatan masih menjadi daerah penyumbang titik panas terbanyak mencapai 74 titik.

 

"Titik panas terpantau pukul 05.00 pagi tadi," kata Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin Widayat, Sabtu (17/10/2015). (KLIK: Berkat Operasi Keroyokan, Hotspot Berkurang Drastis)

 


Menurut Sugarin, penurunan titik panas juga terjadi di daerah lainnya seperti Jambi tersisa satu titik panas, Kepulauan Riau satu titik panas. Sedangkan Riau masih terpantau sembilan titik panas yang tersebar di Meranti lima titik dan Siak satu titik. "Tingkat kepercayaan di Riau di atas 70 persen atau 8 titik," ucapnya.

 

Sugarin menjelaskan, secara umum kondisi cuaca di wilayah Riau berawan diselimuti kabut asap tipis. Peluang hujan dalam intensitas ringan tidak merata terjadi di Riau bagian barat dan utara. "Temperatur maksimum 31.0-33.0 derjat calcius," katanya.

 

Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan masih mengganggu kualitas udara di sejumlah wilayah Riau seperti Pekanbaru jarak pandang menurun hingga 1200 meter, Rengat 1000 meter, Pelalawan 700 meter dan Dumai 2500 meter.