Bank Sampah Berseri Bengkalis Bisa Ditukar Dengan Token Listrik

bank-sampah-bengkalis.jpg
(Andrias)

Laporan : ANDRIAS

 

RIAUONLINE, BENGKALIS - Selain mendapatkan penghasilan tambahakn untuk masyarakat, Bank Sampah Berseri Kota Bengkalis kini bisa ditukar dengan token listrik.

Bank Sampah Berseri dibawah binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis menciptakan agar lingkungan lebih bersih serta menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis. 

"Ini berbentuk tabungan, selain menambah penghasilan masyarakat saat mereka menukarkan sampah disini selanjutnya setelah nanti mencukupi bisa ditukarkan dengan token listrik," kata Agustian bagian administrasi Bank Sampah Berseri ditemui RIAUONLINE.CO.ID, Kamis 21 Februari 2019 jalan Hasanudi Bengkalis.

Konsep pengelolaan di bank sampah dibawah binaan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten ini, lanjut Agus, sampah yang terkumpul akan didaur ulang menjadi kerajianan. Dari tangan pengrajin berjumlah 9 orang, sampah sampah plastik tersebut disulap menjadi tas, vas bunga, bunga hiasan serta lainya yang mempunyai nilai ekonomis yang berharga dari sebelumnya.

"Untuk harga sampah pelastik seperti botol minuman,kardus serta kertaa koran dihargai Rp 300-400 perkilonya. Selanjutnya setelah memenuhi target maka bisa digantikan dengan token listrik atau berupa uang," ungkapnya.

Selain itu, Agus menambahkan bahwa kerjasama yang telah dilakukan selain antar dinas, Bank sampah berseri inipun melakukan terobosan ke sekolah sekolah yang ada di kota Bengkalis. Dikatakan Agus, tujuanya juga supaya menerapkan lingkungan bersih dengan tidak ada sampah. 

"Kita juga telah melakukan kerja sama ini ke setiap sekolah. bahkan sampah sampah yang dikumpulkan tersebut setiap minggunya kami langsung yang mengambil," pungkasnya.