Klaster Pilkada di Bengkalis, Calon Bupati Abi Bahrun Positif Covid-19

abi-bahrun2.jpg
(andrias)

RIAU ONLINE, BENGKALIS – Beredar informasi di media sosial calon bupati Bengkalis dari partai PKS, Abi Bahrun terkonfirmasi positif Covid-19. Abi saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Permata Hati Mandau.

Namun belum ada pihak-pihak yang memberikan pernyataan secara resmi baik dari Dinas Kesehatan, satgas COvid-19 maupun KPU.

Meski demikian, berdasarkan rilis data pasien terkonfirmasi positif dari Satgas Penanganan Covid-19, pada hari ini, Minggu 11 Oktober 2020, dari total 12 tambahan kasus konfirmasi positif terdapat salah seorang pasien dengan inisial AB laki-laki usia 41 tahun, warga Kecamatan Mandau.

Diduga kuat inisial AB tersebut adalah singkatan dari Abi Bahrun, usianya pun cocok karena Abi Bahrun, kelahiran Tanah Merah 10 Februari 1979. Dalam rilis, inisial AB ini sedang menjalani perawatan dan isolasi di RS Permata Hati Mandau.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, dr Ersan Saputra saat dikonfirmasi terkait kebenaran informasi tersebut tidak membantah dan juga tidak membenarkan.

Sesuai kode etik, Ersan mengatakan, pihaknya dilarang untuk menyampaikan ke publik indentitas dari pasien, termasuk pasien positif Covid-19. Kalaupun ada calon bupati yang terkonfirmasi positif Covid-19, sambung Ersan, maka pasti akan ada pemberitahuan resmi dari KPU.

“Jadi tunggu saja ada tidak rilisnya nanti,” ujar Ersan.

Kabar Calon Bupati Bengkalis nomor urut dua Abi Bahrun terkonfirmasi positif Covid 19 dibenarkan Khairul Umam, Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bengkalis, Minggu 11 Oktober 2020 malam.

Menurut Khairul Umam, saat ini Abi Bahrun sedang menjalani karatina dan disolasi. Hasil positif Covid-19 ini diketahui setelah PKS melakukan swab mandiri kepada kader-kadernya.

"Hasil swab kita lakukan ada tiga kader kita yang positif termasuk calon bupati yang kita usung Abi Bahrun hasilnya positif Covid-19. Sementara kader lainnya alhamdulillah negatif semua," ungkap Khairul Umam.

Meskipun dinyatakan positif, menurut Khairul Umam, kondisi Abi Bahrun saat ini cukup baik. Tidak ada gejala sama sekali dan bmasuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG)

"Komunikasi terakhir kita tadi, alhamdulillah tidak ada gejala, sementara waktu beliau istrahat menjalani karantina," tambahnya.

Meskipun Abi Bahrun saat ini menjalani karantina sampai dinyatakan negatif, untuk kampanye masih terus dilakukan oleh tim pemenangan.

"Kampanye tetap berjalan, Jurkam-Jurkam dan Aleg Aleg tetap melakukan kampanye seperti biasa sesuai jadwal yang sudah ada," terangnya.

Khairul Umam yang juga Ketua Pemenangan pasangan ini mengatakan, untuk sementara ia akan mengganti jadwal kampanye Abi Bahrun, karena kampanye sudah terjadwal.

"Tim tetap semangat, apalagi gelombang dukungan terhadap Paslon kita semakin kuat dan banyak. Sejauh ini calon wakil Herman juga masih berjalan, jadi tidak begitu pengaruh dengan jadwal kampanye kita," ungkapnya.