Tetap Maju Pilkada Meranti, Said-Abdul Terpaksa Start dari Belakang

Balon-Said-Hisyam-Abdul-Rauf.jpg
(istimewa)

Laporan: Sigit Eka

RIAU ONLINE, SELATPANJANG-Hasil swab negatif Covid 19 yang diperoleh Calon Wakil Bupati, Abdul Rauf yang berpasangan dengan Said Hisyam memastikan lanjutnya pasangan yang disokong Golkar dan PKS ini di Pilkada Kepulauan Meranti. 

 

Meski demikian ternyata pasangan ini belum bisa langsung masuk gelanggang kontestasi sebab harus menyelesaikan proses verifikasi terlebih dahulu. Hal ini dijelaskan Komisioner KPU bidang sosialisasi, Nugroho Notosusanto.  

 

"Oh iya, hasil swab terakhir yang dinyatakan negatif. Setelah itu KPU akan memberikan pengantar untuk pemeriksaan kesehatan di RSUD Arifin Achmad. Setelah lulus baru lanjut ke verifikasi calon" ujar Nugroho Notosusanto saat ditelpon awak media 24 September 2020.

 

Ia menjelaskan setelah lolos verifikasi ini baru kemudian akan ditetapkan sebagai pasangan calon dan mendapat nomor urut. 'setelah lolos verifikasi, bisangikuti tahapan selanjutnya yakni penetapan calon. Setelah ditetapkan sebagai paslon langsung mendapat nomor urut setelah nomor urut terakhir paslon yang sudah mendapat nomor"

 

Melihat aturan tersebut, pasangan Said Hisyam - Abdul Rauf akan mendapatkan nomor urut empat sebab saat ini Pilkada Kepulauan Meranti sudah diisi oleh 3 calon. 

 

Meski secara fakta pasangan Said Hisyam - Abdul Rauf sudah mengetahui nomor urutnya pada Pilkada ini yakni nomor 4, mereka belum dapat menggunakannya sebagai bagian identitas paslon sebab belum ditetapkan lolos oleh KPU. 

 

Proses verifikasi sendiri disebut akan membutuhkan waktu 20 hari sejak pasangan ini memberikan hasil reaktifnya ke KPU. Sehingga atas hal ini dipastikan pasangan Said Hasyim dan Abdul Rauf akan start belakangan dibanding Pasanga