Lewat Fun Bike, Kodim 0303 Kenalkan Situs Bersejarah Bengkalis

dandim.jpg
(andrias)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Kodim 0303/Bengkalis, Riau akan menggelar iven olahraga bersepeda 'fun bike', Sabtu, 19 September 2020 pagi mendatang.

Iven Olahraga sepeda diadakan menyusul tingginya animo masyarakat Pulau Bengkalis melakukan olahraga bersepeda saat akhir pekan.

Menariknya, iven tersebut akan mengusung sebuah format unik yang memadukan lomba bersepeda dan mengedukasi peserta untuk lebih mengenal situs sejarah dan budaya yang ada di Pulau Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

Untuk memeriahkan acara tersebut, Kodim akan mengundang seluruh masyarakat, termasuk OPD, Dinas dan seluruh instransi di Pulau Bengkalis. Fun Bike dilaksanakan secara gratis tanpa dipungut biaya. Rencana besepeda fine Bike akan start di lapangan tugu Bengkalis.

"Masing masing tim berjumlah lima orang dan menuju situ situs bersejarah ada di Pulau Bengkalis," kata Dandim Bengkalis, Letkol Inf Lizardo Gumay kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa 15 September 2020.

Diterangkan Letkol Inf Lizardo Gumay, setiap tim bersepeda harus melintasi dan berhenti di beberapa situs yang memiliki nilai sejarah di Bengkalis.

"Setidaknya ada 35 situs yang sudah siapkan untuk disinggahi masing-masing tim pesepeda yang ikut serta dalam kegiatan ini nantinya," terang Lizardo Gumay.

Adapun situs yang disiapkan memiliki sejarah Bengkalis, seperti penjara Belanda, Makam Panglima Minal, Masjid Istiqomah dan lainnya.

Setiap tim pesepeda tersebut, harus singgah maksimal di lima situs yang sudah disediakan. Para pesepeda akan diberikan edukasi untuk mengenal situs yang disinggahi.

"Nanti setiap tim yang masuk ke situs yang sudah disiapkan, akan menerima enam pertanyaan dari panitia yang ada di sana. Pertanyaan yang akan dijawab setiap tim, terdiri dari wawasan kebangsaan dan sejarah situs tersebut ataupun tentang pengetahuan Bengkalis," terang Dandim.

Dengan kegiatan itu diharapkan nantinya peserta mendapatkan manfaat berolahraga dan edukasi.

Selain itu, pihak Kodim Bengkalis juga menyediakan hadiah untuk peserta kategori, terbaik dan favorit.

Dandim juga memastikan kegiatan yang diselenggarakan akan mengedepankan protokol kesehatan.

"Saat mengayuh sepeda peserta tentu tidak menggunakan masker, tetapi saat berhenti di cek poin yang ada dan melihat situs dan berinteraksi, mereka wajib menggunakan masker," pungkasnya.