Cegah Corona, Pemkab Bengkalis Liburkan Sekolah

bengkalis-libur-sekolah.jpg
(andrias)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Kegiatan belajar mengajar di setiap sekolah dasar (SD) dan sekolah tingkat pertama (SMP) Se Kabupaten Bengkalis diliburkan mulai, Senin 16 Maret 2020.

Hal ini berdasarkan surat edaran dengan Nomor: 900/SE-SEKR/2020/Ist Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bengkalis mengeluarkan surat tentang libur sekolah untuk antisipasi pencegahan Corona Virus Disease (Covid 19).

Kepala Disdik Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura melalui Kabid Sekolah Menengah Pertama, Syafrizal mengatakan upaya ini dilakukan mencegah penyebaran Covid -19 meski Kabupaten Bengkalis tidak ada yang terpapar Covid 19 tersebut.

"Kita mengacu pada kebijakan pemerintah bahwa sekolah di seluruh Indonesia mulai TK, PAUD, SD dan SMP libur dua minggu. Demikian juga di sekolah sekolah di Kabupaten Bengkalis juga diliburkan mengingat kondisi yang ada saat ini. Anak-anak sementara bisa belajar di rumah dengan aman," kata Syafrizal, Senin 16 Maret 2020.

Selanjutnya, untuk jadwal ulangan try out kelas 09 ditunda dengan jadwal akan menyusul karena akan melakukan koordinasi dengan kepala sekolah terkait kebijakan.

“Saya kira kebijakan lanjutan untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) dan pelaksanaan try out akan kita bicarakan minggu ini bersama kepala sekolah se Kabupaten Bengkalis," terangnya.

Seperti diketahui, rencana try out tingkat SMP Se Kabupaten Bengkalis dilaksanakan hari ini Senin, 16 Maret sampai Rabu, 18 Maret 2020 ditunda pelaksanaanya.

"Kita lagi merencanakan try out ini apa bisa dilaksanakan secara online di rumah karena try out ini sudah berbasis aplikasi. Kemaren udah diuji coba tapi karena kita pakai domain satu server mengalami gagal jumlah yang akses capai 11.000 peserta maka akan kita tambah domain nya sampai 40 buah untuk 145 sekolah tingkat pertama," ujarnya.

Ditambahkanya, Aplikasi try out tingkat SMP sudah berbasis android selagi terkoneksi dengan Internet dan siswa bisa ikut ujian dengan nama eNilai.

Untuk Kabupaten Bengkalis sekolah yang belum punya prasarana komputer ada 34 sekolah setingkat SLTP, Jadi saat ini mereka untuk ujian UNBK menumpang di SMK atau SMA dengan adanya aplikasi eNilai siswa bisa mengikuti Try out menggunakan android yang penting paket data ada.

"Try out berbasis aplikasi android ini dibuat oleh dinas pendidikan Kabupaten Bengkalis dan semua biaya ditanggung dinas pendidikan," pungkasnya.

-->