Aktual, Independen dan Terpercaya


648 JCH Inhil Ikuti Menasik Haji

648-JCH-Inhil-Ikuti-Menasik-Haji.jpg

Laporan: MUHAMMAD FAISAL

RIAUONLINE, TEMBILAHAN - Sebanyak 648 Jamaah Calon Haji (JCH) Indragiri Hilir (Inhil) mengikuti manasik haji musim haji 2018 di Masjid Alhuda Tembilahan, Kamis 5 Juli 2018.

Pelaksana harian (Plh) Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Inhil Sudinoto RM menjelaskan, 648 JCH itu akan tergabung dalam beberapa kelompok terbang (Kloter).

Dalam sambutannya, Sudinoto mengatakan ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima. Dapat menunaikannya, menjadi dambaan setiap umat muslim dimanapun mereka berada.

"Untuk dapat melaksanakannya, tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Seperti mampu, baik secara fisik maupun lainnya," kata Sudinoto.

Meskipun demikian, ibadah haji tentunya memerlukan berbagai persiapan lain, termasuk kesiapan mental dan pengetahuan. Manasik haji, adalah rangkaian untuk memberikan pengetahuan itu.

"Manasik haji ini tentu memiliki manfaat yang sangat penting supaya JCH dapat mengetahui dan memahami berbagai hal yang berkaitan dengan ibadah haji," jelasnya.

Dengan demikian JCH diharapkan akan menjadi lebih siap dan mandiri dalam melaksanakan ibadah haji, sehingga dapat memperoleh haji yang mabrur. Oleh karena itu dia berharap agar semua tahapan ini dapat berjalan dengan baik.

"Perlu sinergi pihak-pihak terkait supaya semua tahapan, mulai dari manasik, pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji," imbuhnya.

Bagi para JCH yang akan menjadi tamu Allah, harus mengucapkan rasa sykur karena banyak orang yang belum dapat untuk menunaikan ibadah tersebut. Maka dari itu, JCH harus pula mengikuti manasik dengan sebaik-baiknya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id