ÔĽŅ

Pekan Pengendalian Resiko Bencana di Riau, ini Prestasi BPBD Inhil

Prestasi-BPPD-Indragiri-Hilir.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: M ZAENAL

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Dalam rangka Pekan Pengendalian Resiko Bencana Tingkat Provinsi Riau di Pekanbaru, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Indragiri Hilir (Inhil) ikut berpartisipasi dan sekaligus dapat berprestasi ajang tersebut.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Inhil, memenangkan 3 dari 4 jenis pertandingan. Diantaranya, juara 2 video simulasi bencana gempa. Juara 2 bongkar pasang tanda penggugus.

"Dan juara 3 penggunaan mesin pemadam api. Ini sebuah prestasi yang harus kita tingkatkan lagi," kata Kepala BPBD Inhil, Yuspik, Jumat, 24 November 2017.

Kegiatan itu, menurut Yuspik, tidak hanya sekedar agenda seremonial belaka. Akan tetapi memiliki makna yang mendalam. Diantara, sikap siap dan siaga bagi personil BPBD dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

Karena sesungguhnya, BPBD memiliki tugas yang cukup kompleks dalam urusan sosial kemanusiaan. Dipundak BPBD, bergantung nasib banyak orang dalam sebuah musibah maupun bencana alam.

"Kapanpun, dimanapun kita harus siap. Karena itu memang sudah tanggung jawab kami," jelas mantan Kepala Badan Penanaman Modal, Perizinan dan Promosi Daerah Inhil itu.

Pekan pengendalian resiko bencana merupakan upaya pemerintah dalam memberikan motivasi bagi seluruh BPBD yang ada. Pada kegiatan itu mereka diminta menunjukan keterampilan terhadap simulasi penanggulangan bencana.

"Bisa dikatakan kegiatan ini pra sebelum terjun menangani urusan bencana dilapangan. Hanya saja diberikan penilaian bagi yang terbaik. Namun tujuan utamanya adalah kesiapan dan siaga terhadap bencana," imbuhnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online, 

Follow Instagram riauonline.co.id