Siswa SMPN Ini Sulap Tempurung Kelapa Jadi Lampu Hias nan Cantik

Barwono.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/DEDY PURWADI)

Laporan: DEDY PUWADI 

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Anak zaman now (sekarang), ternyata tak bisa dianggap sebelah mata saja. Inilah yang coba ditepis oleh Barwono (17), siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Dibalik sifatnya yang pendiam, lugu, dan tak banyak bicara, mampu berkarya dengan menciptakan lampu cantik terbuat dari tempurung kelapa.

Tidak membutuhkan waktu lama, Barwono membuat lampu cantik tersebut tak lebih 4 hari saja. Hasilnya pun unik dan menarik, sangat cocok dipajang sebagai hiasan kamar dan dipergunakan malam hari.

Hasil karya Barwono tersebut diketahui para gurunya ketika ia mengikuti lomba karya seni program keanggotaan Pramuka ditaja SMP Negeri 3 Kemuning.

Sontak saja membuat 'Oemar Bakri' tersebut heran dan terkagum-kagum dengan hasil karya siswanya itu. Kini, pihak sekolah pun telah mengambil inisiatif memfasilitasi Barwono guna mengembangkan karya seninya dengan menyediakan fasilitas seadanya.

Pihak sekolah juga siap memfasilitasi jika ada pihak-pihak ingin membeli hasil karya siswa kreatifnya itu dengan harga sangat bersahabat, Rp 150 ribu.

Bukan hanya itu, Barwono dikenal lugu bisa melukis indah dan menarik dengan kekuatan daya imajinasi semata. Tentunya, kehadiran Barwono di SMP Negeri 3 Kemuning bisa memotiviasi pelajar lainnya untuk menggali potensi diri.

Barwono lahir tahun 2000 silam itu memiliki cita-cita juga unik. Jika selama ini anak-anak ketika ditanyakan apa cita-cita mereka, dengan mudah menjawab jadi Polisi, TNI, Dokter, Guru, dan lain-lain sebagainya. Namun berbeda dengan Barwono yang memilih cita-cita jadi pelukis profesional.

"Saya ingin jadi pelukis", jawab Barwono dengan sedikit tersenyum malu.

Namun, Barwono ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi sangat besar. "Saya mau melanjut ke SMA, mau kuliah juga," jelasnya. 

Sementara itu, Wali kelas Barwono sangat bangga dengan hasil karya seni anak didiknya tersebut. Tidak semua anak remaja seusianya bisa memiliki potensi unik itu.

"Sebagai wali kelas saya sangat bangga, besar harapan saya, anak ini kedepannya bisa melanjutkan sekolahnya ke jenjang lebih tinggi hingga cita-citanya tercapai," ujar Ainil Mardiah.

Sedangkan Wakil Kepala SMP Negeri 3 Kemuning Parti, mengatakan, ssekolah berharap ke pemerintah agar Barwono bisa diperhatikan guna mendukung pendidikannya kedepan.

"Harapan kita, siswa seperti ini diperhatikan dan tentunya sangat diharapkan dukungan pemerintah, agar keinginannya melanjutkan sekolah bisa tercapai. Kita sekolah hanya mampu membantu dan memberi fasilitas semampu kita, lebih dari itu kita terbatas" tandas Wakil Kepala SMP N 3 Kemuning ini. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id

-->