45 Tim Meriahkan Festival Bekaroh di Inhil

Festival-Bekaroh-Inhil.jpg
(Dedy Purwadi)

Laporan: DEDY PURWADI

RIAU ONLINE, TEMBILAHAN - Sebanyak 45 tim ikut menyemarakkan Festival Bekaroh, di Desa Sungai Intan, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Selasa 22 Agustus 2017.

Kegiatan yang dilaksanakan atas wujud tradisi desa tersebut dibuka secara simbolis oleh Bupati Inhil HM Wardan MP.

Baca juga!

Festival Hammock 2017 Perkenalkan Taman Wisata Alam

Wardan: Serukan Ke Dunia, Inhil Punya Festival Menongkah Yang Unik Dan Luar Biasa

Dalam sambutannyta, Kepala Desa Sungai Intan Ahmad Effendi SPd I, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan buah tradisi masyarakat yang turun temurun dilakukan. Oleh sebab itu festival ini dilakukan guna lebih mentradisikan menangkap hasil sungai menggunakan peralatan tradisional tanpa merusak ekosistem.

Kemudian memupuk jiwa bergotong royong antar peserta dalam menangkap ikan. Serta mengajak masyakarat untuk tidak menggunakan bahan berbahaya untuk menangkap ikan.

"Mudah-mudahan event budaya Desa seperti ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga keseimbangan ekosistem alam," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Camat Tembilahan Hulu M Nazar SSos MSi. Ia juga mengatakan bahwa suskesnya kegiatan ini merupakan hasil tradisi dan buah rangan kreatif masyarkat Desa, sehingga terciptalah event budaya ini.

"Mari sukseskan jalannya festival bekaroh ini," ujar camat

Sementara itu Bupati Inhil HM Wardan MP mengatakan sangat mengapresiasi terhadap apa yang dilaksnakan masyarakat Desa Sungai Intan.

"Mudah mudahan event seperti ini semakin ditingkatkan dan sebagai aparat pemerintah kabupaten saya sangat mendukung event tradisi Desa seperti ini, " Ujarnya.

"Dari kegiatan saya mengajak ayo jaga sungai kita. Jaga ekosistem alam sungai kita. Jangan menangkap ikan menggunakan racun atau tuba. Karena dari cara tersebut merupakan hal yang sangat dilarang oleh undang undang. Karena dapat merusak seluruh ekosistem alam," tambahnya.

Turut hadir Kadis perikanan, Kadispora, Wakapolres Inhil, Camat Tembilahan Hulu, seluruh unsur Forkopimcam Tembilahan Hulu, Organisasi kewanitaan serta seluruh masyarakat Desa Sungai Intan. (adv)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline