Siak, Satu-satunya Kabupaten di Riau Menerapkan e-Puskesmas di Pelayanan Kesehatan

Peluncuran-e-Puskesmas-Siak.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: EFFENDI 

RIAU ONLINE, SIAK - Kabupaten Siak kembali menggeliat dengan inovasi teknologi mereka hasilkan untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan. Kali ini, diluncurkannya e-Puskesmas oleh Bupati Siak, Syamsuar, Selasa, 25 Juli 2017. 

Program e-Puskesmas ini akan memudahkan Dinas Kesehatan Siak dalam merekap laporan kesehatan, memberikan kemudahan kepada masyarakat mendaftar, melihat antrean pasien di Puskesmas serta tentunya bisa berkonsultasi kesehatan secara gratis dengan dokter.

Sistem ini diterapkan mempermudah warga dan pasien mendapatkan pelayanan kesehatan pada Puskesmas seluruh Siak.

Baca Juga: Kirim SMS Undangan, Manurung Tak Menyangka Syamsuar Hadir Di Pernikahan Anaknya

"Kehadiran sistem informasi ini bentuk terobosan percepatan teknologi informasi kesehatan di Siak. Semoga Pemerintah Provinsi Riau, memberikan bantuan dan dukungan demi kemajuan serta manfaat dirasakan langsung oleh masyarakat. Sehingga di setiap Puskesmas terjadi peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat," kata Bupati Siak, Syamsuar, saat memberikan sambutan di peluncuran e-Puskesmas. 

Ia berharap, Dinas Kesehatan serta Puskesmas bisa memaksimalkan penggunaan sistem e-Puskesmas. Tak hanya itu, mendorong kegiatan lainnya yang menghasilkan sumber data akurat dan akuntable di setiap bidangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Siak, Toni Candra, mengatakan, guna mempermudah perencanaan program kesehatan, maka pemerintah menyiapkan program inovasi berupa e-Puskesmas.

"Sehingga direncanakan seluruh puskesmas akan diberlakukan (e-Puskesmas) bertujuan mempermudah pemantauan oleh Dinas Kesehatan baik data maupun lainnya," kata Toni Candra.

Ia menjelaskan, e-Puskesmas merupakan solusi berbasis internet bertujuan mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik untuk masyarakat dengan mendaftar secara langsung menggunakan Android.

Selain itu, e-Puskesmas adalah aplikasi yang dikembangkan guna memenuhi kebutuhan pencatatan data secara digital pada Puskesmas. e-Puskesmas merupakan sistem terintegrasi mengimplementasikan aplikasi berbasis desktop dengan online (website).

Klik Juga: Syamsuar Yakin Bisa Bawa Riau Lebih Baik Dengan Modal Ini

 

"Aplikasi berbasis desktop (e-Puskesmas Client Desktop) digunakan Puskesmas untuk mencatat data pelayanan sehari-hari, mulai data pasien, rekam medik, obat dan masih banyak lagi dengan dukungan berbagai fitur menarik. Pada aplikasi online e-Puskesmas mempunyai aplikasi e-Puskesmas Client Website dan Reporting System," pungkasnya.

Diakhir acara, dilakukan penekanan tombol sirinei secara simbolis oleh Bupati Syamsuar, didampingi Kepala Dinas Kesehatan Toni Candra, General Manager PT Telkom Munawir, sebagai tanda diluncurkannya e-Puskesmas.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline