Catat, Jadwal PPDB SMA dan SMK Negeri di Riau

Ilustrasi-siswa-SMASMK.jpg
(Via Ombudsman RI)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMA dan SMK Negeri di Riau akan dibuka pada 21-24 Juni 2024. Tahap PPDB diawali dengan pra pendaftaran.

Peserta didik yang melakukan pra pendaftaran harus mengunggah sejumlah dokumen persyaratan PPDB melalui aplikasi yang disiapkan panitia.

Pada 24-29 Juni 2024, peserta didik yang sudah melakukan pra pendaftaraan dapat memilih sekolah. Bagi peserta didik yang mendaftar SMK, juga harus memilih jurusan.

"Peserta didik bisa memilih jurusan berbeda di sekolah yang sama apabila mengambil jalur di luar rangking," kata Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri Provinsi Riau, Arden Simeru, Rabu, 1 Mei 2024.


Tahapan PPDB selanjutnya akan dilakukan pada 30 Juni 2024, yakni proses rekonsiliasi data.

Arden menyebutkan penetapan hasil seleksi PPDB Riau tahun 2024 untuk tingkat SMA dan SMK negeri akan diumumkan pada 1 Juli 2024.

"Sesuai jadwal pada tanggal 1 Juli 2024," kata dia.

Peserta didik yang tidak lulus di sekolah negeri, tapi kurang mampu dari segi ekonomi, kata Arden dapat mendaftar ke sekolah swasta dengan biaya yang ditanggung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Sementara saat ini, tim dari Dinas Pendidikan Riau tengah melakukan sosialsasi di 12 kabupaten/kota.

"Awal Juni nanti akan ada peluncuran aplikasi PPDB online, sekaligus simulasi untuk memastikan aplikasinya berfungsi dengan baik," katanya.