Disdik Riau Resmikan Gedung Kantor Cabang di SMAN 1 Tandun

kantor-di-SMA-Negeri-1-Tandun.jpg
(HO Via Riauonline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau  telah menyelesaikan pembangunan gedung kantor di SMA Negeri 1 Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. 

Kepala Disdik Provinsi Riau Tengku Fauzan Tambusai mengatakan, anggaran pembangunan gedung ini dianggarkan pada APBD 2023. Gedung cabang Disdik Riau ini berdasarkan informasi PPK Bidang SMA sudah dapat segera difungsikan. 

"Kami dari Disdik berupaya untuk dapat selalu memenuhi kebutuhan infrastruktur dan sarana prasarana lainnya yang dibutuhkan sekolah, sehingga para majelis guru dan peserta didik dapat beraktifitas dengan tenang dan nyaman," ujarnya, Selasa, 16 Januari 2024.

Menurutnya, Disdik Provinsi Riau telah menyusun rancangan untuk memindahkan kewenangan sejumlah kebijakan kepada masing-masing kabupaten/kota di Riau. Sehingga, pihak sekolah di daerah dapat mengurus administrasi dengan proses yang lebih praktis.

"Kami sedang menyusun beberapa kebijakan pelimpahan kewenangan dari dinas ke kantor cabang Disdik di masing-masing wilayah di Provinsi Riau Berdasarkan Pergub Nomor 72 Tahun 2022," jelasnya.


Ia pun berharap peran serta semua pihak baik dinas-dinas terkait, kepala sekolah, majelis guru, komite dan wali murid serta perusahaan-perusahaan didaerah dapat membantu dan  memajukan dunia pendidikan. Sehingga, dunia pendidikan dapat melahirkan generasi emas yang berdaya saing global dimasa depan.

"Dengan cabang kantor ini, nantinya bisa mudah terlayani dengan baik tanpa harus jauh-jauh datang ke Kantor Induk Dinas Pendidikan di Pekanbaru. Tenaga pengajar  juga tidak perlu terlalu lama meninggalkan satuan pendidikannya ketika membutuhkan pelayanan administrasi maupun lainnya," jelasnya.

Tengku juga berharap seluruh kepala sekolah memimpin sekolahnya dan menyalurkan dana Bantuan Opersional Sekolah (BOS) dengan baik sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.

"Jangan membuat gaduh dan jangan membuat permasalahan dalam dunia pendidikan," paparnya.

Selain itu, ia juga meminta agar sekolah tidak melupakan pembinaan akhlak dan pekerti disamping pembelajaran formal. 

Agenda peresmian kantor di SMN 1 Tandun turut dihadiri oleh Kacab Dinas Pendidikan Wilayah 3, Kepala Sekolah SMA/SMK se-Kabupaten Rokan Hulu, Komite Sekolah, Kapolsek, Danramil, Datuk ninik Mamak tokoh masyarakat, Alim ulama, Kepala Desa  sekecamatan Tandun, Para Orang Tua Wali murid kelas XII SMA 1 Tandun dan seluruh Murid SMA 1 Tandun.