Resep Bikin Mie Sagu Khas Riau yang Enak dan Lezat

Mi-Sagu2.jpg
(Dwi Fatimah/Riau online)

Laporan Dwi Fatimah

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Jika berkunjung ke Riau tak lengkap rasanya jika tak mencicipi makanan khasnya. Banyak makanan khas dari Riau yang harus kamu coba jika berkunjung ke kota bertuah ini.

Salah satunya adalah Mie Sagu. Mayoritas masyarakat Indonesia memang sangat menyukai sajian dari mie. mie sagu berbeda dengan mie kebanyakan yang terbuat dari tepung terigu.

Mie dari sagu berukuran lebih besar dan transparan, tidak seperti mie berbahan dasar terigu yang lebih padat. Tekstur dari mie sagu juga lebih kenyal

Mie sagu adalah panganan selingan khas masyarakat Riau khususnya di Selat Panjang. Mie sagu sudah ada dan menjadi panganan yang diminati masyarakat tempatan sejak zaman nenek moyang sampai dengan hari ini.

Disajikan dengan udang ebi yang digiling bersama bumbu bumbu lainnya kemudian ditabur ikan bilis, akan menambah kenikmatan saat menyantapnya. Rasanya yang unik, akan membuat mu selalu rindu ke Riau.

Untuk kamu yang berada di luar Provinsi Riau dan ingin mencicipi nikmatnya mie sagu ini, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Karena bahan bahannya juga sangat mudah ditemui di pasar pasar tradisional.

 

Resep Mie Sagu

Bahan:

·         mie sagu secukupnya

·         1 butir telur

·         1 batang daun seledri, potong potong


·         1 batang daun bawang, potong potong

·         1 buah tomat, potong potong

·         Kecap manis secukupnya

Bumbu halus:

·         Secukupnya udang ebi

·         2 buah cabai merah, kalau suka pedas boleh dilebihkan

·         2 siung bawang putih

·         2 siung bawang merah

·         Garam dan lada secukupnya

 

Cara membuat:

·         Rendam mie sagu dengan air hangat hingga tidak kaku, tiriskan

·        Tumis bumbu halus hingga harum, masukan daun bawang, kemudian masukan telur yang sudah dikocok, dan masukan tomat

·         Masukan mie sagu, aduk rata, tambahkan kecap manis, garam dan lada secukupnya

·         Tes rasa, jika sudah pas, sajikan.