Diskes Pekanbaru: Moderna Hanya Untuk Masyarakat Belum Divaksin

moderna3.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Vaksin moderna sudah bisa diperoleh masyarakat Kota Pekanbaru di layanan kesehatan. Masyarakat bisa mendapat suntikan vaksin jenis moderna di rumah sakit atau puskemas.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra menegaskan, vaksin jenis moderna khusus bagi masyarakat yang sama sekali belum pernah suntik vaksin Covid-19.

Ia mengaku sudah menyalurkan pasokan vaksin ke seluruh layanan kesehatan termasuk puskesmas. Ada dosis pertama dan dosis kedua vaksin jenis moderna.

Satu fasilitas kesehatan baik rumah sakit atau puskesmas mendapat pasokan 10 vial vaksin dosis pertama dan 10 vial dosis kedua. Dinas bakal menambah pasokan di puskesmas bila ada kekurangan.


"Jadi bisa untuk 140 dosis, kalau kurang nanti bakal ditambah lagi," jelasnya.

Ia tidak menampik pasokan vaksin dari pemerintah pusat masih terbatas. Jumlahnya belum mencukupi kebutuhan vaksin bagi masyarakat. Pihaknya masih menanti pasokan vaksin tambahan.

Arnaldo menyebut, masyarakat bisa mengakses layanan vaksinasi Covid-19 di puskesmas. Masyarakat bisa mendapat suntikan vaksin di puskesmas wilayahnya.

"Kita segera menyalurkan vaksin begitu ada tambahan pasokan vaksin. Mereka yang mendapat suntik vaksin adalah masyarakat di wilayah puskesmas itu," paparnya.

Ia menuturkan, bagi masyarakat di luar wilayah puskesmas tetap bisa mendapat akses layanan vaksin. Namun masyarakat di wilayah puskesmas bakal menjadi prioritas.