Terlibat Pembicaraan Penting, Demokrat-NasDem Jalin Koalisi Jelang 2024?

Asri-Auzar6.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Seusai pertemuan dengan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem,Ketua DPD I Demokrat, Asri Auzar menyebut ada kemungkinan untuk bekerja sama di tahun 2024.

"Kalau kerjasama antar partai itu sudah pasti. Karena kami punya kepentingan itu. Partai politik kepentingannya adalah pemerintahan," ujar Asri, Senin, 28 Juni 2021.

Ia mengatakan kerjasama ini bisa saja dimulai di tingkat provinsi untuk kemudian ditindaklanjuti secara nasional oleh masing-masing DPP.

"Hal semacam ini kita mulai lah dari provinsi Riau. Biar nanti Dewan Pimpinan Pusat bisa memberi catatan bahwa Riau telah memulai hal-hal semacam ini di tingkat daerah," tambahnya.

Hal senada diungkap Sekretaris Jendral DPW NasDem, Edy Satria yang mengatakan setiap saat kemungkinan NasDem berkoalisi terbuka. Ia menegaskan NasDem adalah partai yang dinamis.

"Setiap saat ada kemungkinan itu(berkoalisi) karena kami adalah partai politik, karena politik itu dinamis, " ujarnya.

Lebih jauh perihal tahun politik 2024, ia mengatakan masih terlalu dini untuk dibicarakan. Ia mengatakan akan fokus terlebih dahulu di Pileg yang akan menjadi peta koalisi untuk membentuk syarat threshold di masing-masing tingkatan.

 


 

"Dinamikanya terus berjalan. Kalau 2024 yang memilih tentu Dewan pemilihnya bukan ini lagi. Kita lihat lah nanti bagaimana kemampuan kami memperoleh kursi," Jelas Edy.

Secara nasional, dua tokoh sentral masing-masing partai SBY dan Surya Paloh memiliki historis yang cukup lekat. Surya Paloh yang kala itu berbaju Golkar mendukung SBY sebagai presiden lewat instrumen medianya.

Namun keduanya sempat renggang usai SBY disebut tak memenuhi janji politiknya kepada Surya Paloh.