Esok, PPDB Tingkat SMA di Bengkalis Dimulai

PPDB-Online3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Setelah mengalami penundaan beberapa pekan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA sederajat akan dimulai Senin 28 Juni 2021. Terkait hal ini, operator sekolah tingkat SMA sudah dipanggil ke Pekanbaru untuk sosialisasi teknis pendaftaran yang akan dilakukan secara daring tersebut.

Hal ini diungkap Kepala Sekolah SMAN 3 Bantan, Said Hasan Sarpawih, Minggu 27 Juni 2021 siang. Dikatakanya, secara teknis penerimaan siswa baru untuk SMAN 3 Bengkalis sudah bisa dilaksanakan secara daring.

"Untuk mekanismenya secara umum sama dengan saat penerimaan daring tahun sebelumnya. Cuman ada penekanan untuk posisi foto anak harus berada di wilayah dimana mereka tinggal," terang Said.

Foto anak yang akan diupload nantinya harus melampirkan map tempat mereka tinggal. Peserta didik harus berfoto melalui aplikasi yang sudah ditentukan yakni foto map.


Pasca pengunduran pendaftaran kemarin memang ada beberapa orang tua yang datang sekolah untuk mendaftarkan diri. Saat itu pihak sekolah menyampaikan memang ada kendala teknis dalam pendaftaran sehingga dilakukan penundaan.

"Namun kami tetap bertangungjawab melayani mereka yang datang. Kami sampaikan kendala hingga harus diundur, namun nama mereka yang datang mendaftar tetap ditampung," kata Said.

Selain nama petugas, sekolah juga meminta nomor telpon whatapps mereka. Besok akan disampaikan melalui grup whatsapp yang telah dibuat sudah bisa mendaftar secara daring dengan menggunakan aplikasi yang sudah ditetapkan.

"Mereka akan kita arahkan terlebih dahulu untuk mendaftar daring secara mandiri. Namun jika ada kendala nanti akan kita dampingi mereka untuk mengupload data mendaftar secara daring," tambahnya.

Menurut dia, pendampingan akan dilakukan di sekolah, pihak sekolah menyiapkan perangkat untuk pendaftaran di sekolah. Penggunaannya akan di dampingi petugas sekolah.

"Pasti nanti ada kendala, karena sekolah kita yang berada di kampung, mungkin masih banyak mereka yang tidak bisa menggunakan perangkat dan terkendala jaringan internet," pungkasnya.